Jokowi dan SBY Bicara Empat Mata Soal Perppu Ormas

Presiden Jokowi bertemu SBY
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Lebih dari satu jam, Presiden Joko Widodo dan Susilo Bambang Yudhoyono, melakukan pertemuan tertutup di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat siang, 27 Oktober 2017.

Pertemuan berlangsung tertutup. Keduanya sempat berbincang santai di beranda belakang Istana Merdeka, dengan suguhan teh. Lalu dilanjutkan pertemuan di dalam.

Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Pribowo mengakui, pertemuan siang tadi adalah membahas soal Perppu Ormas yang baru disahkan oleh DPR pada paripurna Selasa lalu, 24 Oktober 2017.

"Memang ada topik yang dibicarakan salah satunya adalah tentang Perppu Ormas yang baru saja disahkan DPR menjadi UU Ormas," jelas Johan Budi, di Istana Negara, Jakarta.

Seperti diketahui, awal sebelum divoting melalui paripurna, Demokrat adalah salah satu yang menolak terbitnya Perppu ini. Bersama dengan tiga partai lain yakni Gerindra, PKS dan PAN.

Namun diakhir perjalanannya, Demokrat balik haluan dan memilih untuk ikut mendukung bersama partai-partai pendukung pemerintah lainnya. Walau, ada syarat yang diajukan.

Syarat-syarat itu juga dibicarakan antara keduanya. Sebab, SBY juga merupakan Ketua Umum Partai Demokrat.

"Di sana diskusi antara Pak SBY dan Pak Jokowi, termasuk juga Pak SBY memberikan masukan-masukan," kata Johan.

Johan menambahkan, pertemuan itu juga membahas terkait situasi politik yang saat ini terjadi. "Tadi juga disinggung berkaitan dengan situasi dan kondisi politik dan ekonomi bangsa," kata mantan Jubir KPK itu.

Tapi, Johan tidak tahu secara detail pembicaraannya karena tidak ikut. Pertemuan dilakukan tanpa ada yang mendampingi. (ase)