Software Ini Didesain untuk Lakukan 'Misi Penyelamatan'

Ilustrasi Software.
Sumber :

VIVA.co.id – Perkembangan manajemen database saat ini memacu munculnya solusi yang lebih ringkas dan efisien. Sebagai upaya menangani tantangan tersebut, PostgreSQL Global Development Group merilis versi anyar software database open source tercanggih di dunia, PostgreSQL 10.

Solusi baru yang dibawa PostgreSQL 10 meliputi fitur 'memecah dan menaklukkan' untuk menangani masalah beban database modern.

Strategi ini merujuk pada kemampuan mendistribusikan data ke banyak simpul untuk mempercepat akses, manajemen, dan analisis
data. 

“Fokus komunitas pengembang kami adalah membangun fitur yang memanfaatkan konfigurasi infrastruktur modern untuk mendistribusikan beban kerja,” kata Magnus Hagander, perwakilan PostgreSQL Global Development Group, dalam keterangannya, Kamis 5 Oktober 2017.

Ia menjelaskan, PostgreSQL 10 memberikan dukungan yang lebih baik pada efisiensi pengelolaan database.

Peningkatan solusi ini mencakup tambahan jenis pemindaian data yang diparalelkan serta dioptimalkan saat data digabungkan kembali, seperti pra-penyortiran.

Peningkatan tersebut memungkinkan hasil pertanyaan (query) dapat dikembalikan lebih cepat. Proses tersebut bisa dianalogikan
seperti mengerjakan satu tugas bersama-sama dengan banyak orang.

Replikasi logikal memperluas fitur replikasi dari PostgreSQL saat ini dengan kemampuan untuk mengirim perubahan pada tingkat
per-database dan pertabel ke database PostgreSQL yang berbeda. 

Pengguna kini dapat menyempurnakan data yang direplikasi ke berbagai kluster database dan akan memiliki kemampuan untuk melakukan upgrade dengan zero-downtime ke versi PostgreSQL mendatang.

Equnix

Solusi tersebut dirilis oleh PT Equnix Business Solutions (Equnix) yang merupakan perusahaan solusi TI berbasis software open source menawarkan solusi untuk menyelamatkan korporasi. 

Equnix dengan semangat open source berusaha mengemban misi tersebut untuk membantu perusahaan-perusahaan profesional, khususnya di dunia perbankan, finansial, dan industri. 

“Perusahaan-perusahaan tersebut pada dasarnya sudah menggunakan RDBMS (Relational Database Management System) dengan biaya
berlangganan dan layanan dukungan yang cukup membebani," kata Chief Executive Officer (CEO) PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang.

Untuk itu, Equnix hadir dengan semangat open source, mengusung PostgreSQL sebagai solusi untuk menyelamatkan korporasi. 

Ia mengatakan, PostgreSQL 10 menghadirkan gebrakan melalui jajaran fitur-fitur canggih terbarunya yang tidak hanya menawarkan performa tinggi, tapi juga mampu bersaing dengan solusi software database berbayar.  

Implementor PostgreSQL sejak versi 8.4 dengan berbagai layanan yang diberikan seperti instalasi, konfigurasi untuk performa tinggi, dan migrasi dari RDBMS lain ke PostgreSQL, Equnix selalu berusaha mengedepankan solusi yang efektif dan tepat. 

Sebagai sebuah RDBMS yang sudah sangat matang, fitur-fitur PostgreSQL seperti Streaming Replication dan Logical Replication
adalah senjata utama dalam menciptakan sebuah infrastruktur yang kuat untuk menjamin keutuhan data saat melayani beban transaksi yang tinggi.