Organ Intim Pria Bisa Menciut, Ini Penyebabnya

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • pixabay/pexels

VIVA.co.id – Usia pria yang semakin menua, tentunya berdampak pada banyak hal di tubuh, termasuk untuk bagian organ intimnya. Terlebih, proses  penuaan disertai gaya hidup yang buruk, akan membuat ukuran organ intim pria menciut dengan cepat.

Dilansir laman Daily Star, organ intim pria yang tak lagi memiliki ukuran ideal, tentu, berakibat pada performanya di atas ranjang. Sebab, hal itu berkaitan dengan seberapa lama ketahanannya untuk ereksi dan ejakulasi.

"Semakin tua usia pria, ukuran organ intimnya juga semakin mengecil. Hal ini diakibatkan rendahnya deposit pada plak-plak lemak di dalam pembuluh darah arteri di organ intim pria sehingga menurunkan kadar aliran darah," ujar terapis seks, Samantha Evans.

"Proses ini dinamakan aterosklerosis yang berkaitan dengan jantung. Kondisi ini membangun kolagen yang tidak elastis di dalam jaringan, dan akhirnya menimbulkan ereksi yang semakin mengecil," lanjutnya.

Namun, penuaan usia bukan penyebab satu-satunya. Merokok juga dapat memicu penurunan testosteron di tubuh dan berdampak pada ukuran organ intim pria, yang semakin hari, makin menciut.

"Merokok dapat merusak pembuluh darah dengan bertambahnya plak lemak di peredaran arteri mr. P. Kondisi itu membuat sirkulasi aliran darah alami gangguan yang memicu mr. P alami penurunan ukuran," lanjut Samantha.