Apa Fungsi Tutup Pentil? Banyak yang Belum Tahu

Tutup pentil ban kendaraan
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Kebanyakan pengguna sepeda motor hanya terpaku pada mesin saja. Mesin dianggap komponen satu-satunya yang penting untuk dijaga agar motor aman saat dikendarai. Padahal tidak demikia. Beberapa komponen kecil yang dianggap sepele justru memiliki fungsi yang vital bagi sepeda motor. Salah satunya tutup pentil (valve cap).

Menurut Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman, tutup pentil berperan sangat penting bagi ban kendaraan.

Terdapat dua fungsi utama yang diungkapkan Ade kepada VIVA.co.id, Senin 31 Juli 2017. Fungsi pertama ialah menjaga tekanan ban agar tidak mudah kempes. 

"Fungsi yang pertama, untuk menjaga agar tekanan di dalam ban tetap stabil (tidak mudah kempes)," kata Ade.

Sedangkan fungsi yang tak kalah penting adalah mencegah kotoran masuk ke dalam ban dan mencegah ban mudah mengalami korosi. "Fungsi kedua itu mencegah kotoran masuk dan tidak mudah korosi," ujarnya. 

Tutup pentil sendiri terdiri dari beberapa jenis, pertama plastik, kedua dari bahan metal yang di dalamnya terdapat lapisan karet untuk menyumpal udara, kotoran hingga debu dan air agar tak masuk. Selain itu ada jenis tutup pentil yang memiliki indikator untuk memberitahu pengguna mengenai tekanan ban berkurang atau tidak. (mus)