Penggabungan Organisasi Pialang

IPEI Siap Bentuk Tim Merger

VIVAnews - Ikatan Pialang Efek Indonesia (IPEI) akan membentuk tim dan mengkaji imbauan Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Erry Firmansyah untuk menggabungkan dua organisasi profesi pialang efek di pasar modal.

Pekan lalu, dalam sebuah kesempatan Musyawarah Nasional IPEI di Hotel Borobudur, Erry Firmansyah, kembali melontarkan imbauan agar IPEI dan Asosiasi Wakil Perantara Pedagang Efek Indonesia (AWP2EI) bergabung.

PVMBG Beberkan Kronologi Kenaikan Aktivitas Gunung Ruang Sebelum Meletus

Penggabungan itu dimaksudkan agar keberadaan kedua organisasi profesi pialang menjadi lebih kuat.

"Soal penggabungan tidak masalah," kata Ketua Umum IPEI Saidu Solihin ketika dikonfirmasi VIVAnews di Jakarta, Senin 1 Juni 2009.

Namun, dia mengingatkan, penggabungan menjadi tidak bermanfaat bila hal itu dapat menimbulkan konflik kepentingan, sehingga akan merugikan industri pasar modal. "Satu atau sepuluh organisasi bila tidak ada kontribusinya ke industri pasar modal akan sama saja," ujarnya.

Kondisi itu akan berbeda bila kontribusi organisasi terhadap industri pasar modal cukup besar. "Meski banyak (organisasi), bila kontribusinya ke pasar modal signifikan, juga akan bagus," katanya.

Meski demikian, dia melanjutkan, IPEI akan kembali memulai pembicaraan dengan AWP2EI untuk mewujudkan karya nyata dari organisasi pialang. "Kalau bisa bergabung, tentu akan sangat senang. Karena organisasi akan semakin kuat," ujarnya.

Rencana tersebut sebelumnya sempat menjadi kajian serius kedua organisasi itu sekitar lima tahun lalu. Saat itu AWP2EI di bawah kepemimpinan ketua umumnya Sugihardjo dan IPEI dengan Suyitno D Suwito sebagai ketua umum.

Namun, wacana tersebut akhirnya menemui jalan buntu, karena di antaranya terkendala masalah nama. AWP2EI berkeinginan untuk mempertahankan nama asosiasinya, sedangkan IPEI meminta ada kombinasi nama dari hasil penggabungan tersebut.

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

Bahkan, karena kebuntuan tersebut, Ketua Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) saat itu, Herwidayatmo, sempat mengimbau agar untuk sementara menggunakan nama AWP2EI hingga diputuskan nama definitif dalam rapat umum anggota (RUA).

Real Madrid vs Manchester City

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

Manchester City Disingkirkan Real Madrid dari perempat final liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024