Flu Babi

Deplu Umumkan Nama WNI Suspect Flu Babi

VIVAnews - Departemen Luar Negeri mengumumkan nama seorang warga negara Indonesia suspect  flu babi (swine flu). Menurut Juru Bicara Deplu, Teuku Faizasyah, WNI tersebut saat ini berada dalam perawatan di sebuah rumah sakit di Singapura.

"Atas nama Oei William Widynata. Satu pekan lalu dia masuk ke Singapura, setelah dicek suspect H1N1," kata dia di Kantor Deplu, Pejambon, Jakarta, Jumat 19 Juni 2009.

Dijelaskan Faizasyah, Oei, yang merupakan tenaga profesional yang bekerja di Singapura itu, baru saja bepergian ke Melbourne, Australia. "Saat ini dia sedang di karantina. Deplu sudah berkoordinasi dengan keluarga di Singapura," kata dia.

Sebelumnya, laman berita Singapura, Strait Times pada Kamis 18 Juni 2009 melansir berita bahwa Pemerintah Singapura mengkonfirmasi dua lagi kasus flu H1N1 (flu babi) sehingga total ada  49 kasus yang dilaporkan.

Salah satu penderita yang dilaporkan adalah seorang WNI berusia 26 tahun, yang tak disebutkan namanya.

Penderita yang kemudian diketahui sebagai Oey William Widynata, bekerja di Singapura. Dia bersama rekan-rekannya pergi ke Melbourne, Australia untuk berlibur pada 5 Juni lalu. Oey menderita gejala mirip flu babi pada 11 Juni saat masih berada di Melbourne. Dia lalu kembali ke Singapura pada 14 Juni.

Singapura pertama kali melaporkan kasus flu H1N1 pada 27 Mei lalu. Sejauh ini, 22 pasien telah dipulangkan dari rumah sakit. Sisanya, 27 pasien masih dirawat di rumah sakit dan kondisi mereka stabil.

Selain Singapura, lebih dari 201 kasus flu babi juga ditemukan di Thailand, hingga memaksa  pemerintah menutup sejumlah sekolah dan Australia. Flu babi juga ditemukan di Malaysia dan Filipina, di Filipina bahkan dilaporkan 54 kasus flu babi hanya dalam waktu 24 jam.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis malam 11 Juni 2009 waktu setempat (Jumat dini hari WIB) menaikan status flu babi ke pandemi atau level 6, yang  merupakan status siaga tertinggi yang dinyatakan WHO atas suatu wabah penyakit.

Itu merupakan kali pertama dalam 41 tahun terakhir WHO menyatakan wabah penyakit berada dalam status pandemi. Sebanyak 74 negara mengkonfirmasi 29.669 kasus, 145 orang diantaranya tewas.

Terpopuler: Mobil Pejabat Terkaya Versi LHKPN, Pemotor Emak-emak Berulah di Luar Negeri
Sersan Mayor KKO (Purn) Djoni Matius atau Djoni Liem (veteran)

Kisah Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh

Ada kisah menarik dari seorang prajurit elit TNI Angkatan Laut keturunan Tionghoa yang menjadi sorotan dalam konflik Indonesia dan Malaysia beberapa tahun silam.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024