Bintang Juga Bisa Bergerak

VIVAnews - Teman-teman pasti sering melihat bintang pada malam hari. Bintang-bintang tersebut terlihat berkelip-kelip saja dan tidak
bergerak.

Meskipun terlihat tidak bergerak sebenarnya bintang juga bergerak.

Bintang memang selalu bergerak tetapi kita tidak bisa melihatnya dengan  mata telanjang.

Pergerakan bintang ini, pernah diteliti oleh seorang ahli astronomi, Warren Brown, pada tahun 2005. Menggunakan peralatan  astronomi yang cukup canggih ia melihat bintang yang bergerak cepat. Tetapi, bintang itu terletak di luar galaksi Bimasakti tempat kita berada.

Sebelumnya belum pernah ada yang melihat bintang yang bergerak dengan kecepatan tinggi seperti yang dilihat Warren Brown. "Bintang terebut bergerak dengan cepat di luar galaksi," kata Brown.

Ia pun terus meneliti bintang yang akhirnya diberi nama Hypervelocity  itu. Selanjutnya ia berhasil menemukan 16 bintang yang bergerak dengan kecepatan tinggi.

Brown kemudian mengukur kecepatan gerak bintang tersebut, yaitu 1,6 juta mil per jam. Diperkirakan ada 10.000 bintang hypervelocity di luar  galaksi Bimasakti. Wah jadi penasaran ingin melihatnya ya!

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia
Pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Pasangan Prabowo-Gibran bakal memimpin Indonesia periode 2024-2029 setelah MK menolak seluruh permohonan terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024