Dua Iklan Mega-Prabowo Ditolak TV

Iklan Itu Berisi Kritik Pada Incumbent

VIVAnews - Hasto Kristiyanto, Sekretaris II Tim Kampanye Nasional Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto, menyayangkan penolakan dua iklan televisi Mega-Prabowo. Hasto menyatakan, ada indikasi intervensi terhadap media televisi.

"Kami sebenarnya ingin membela media," kata Hasto. "Bagi kami iklan yang sudah lulus sensor seharusnya bisa dimuat di media," ujarnya di markas Mega-Prabowo, Jakarta, Rabu 17 Juni 2009.

"Namun faktanya ternyata ada indikasi intervensi kepada media supaya tidak menerima iklan kami," ujar Hasto. Padahal sebenarnya, kata Hasto, iklan itu bukan kampanye hitam atau kampanye negatif. "Ini semata kan kritik yang wajar dan biasa kepada incumbent."

Namun Mega-Prabowo tidak punya bukti siapa pelaku intervensi. "Waktu ditanyakan ke media-media itu, mereka jawabnya cuma coba tolong pahami juga posisi kamilah," ujar Hasto.

Pengacara Megawati-Prabowo, Mahendradatta, kemarin menegaskan bahwa penolakan ini bentuk diskriminasi. Menurut tim kuasa hukum, pengaturan iklan ini sudah disebut bahwa dalam Undang-Undang Penyiaran.

"Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang memiliki hak dan wewenang untuk menyiarkan. Larangn ini justru bukan dari KPI, tapi dari televisi-televisi," kata Mahendradatta.

Iklan politik calon presiden dan wakil presiden Megawati-Prabowo ada tujuh versi. Masing-masing versi berjudul, Bangkrut, Mencintai, Harga, Pekerjaan, Persatuan, Maju, dan Tim. Hampir semua iklan ditolak.

Tetapi, ada dua judul yang ditolak oleh semua stasiun televisi. Iklan bertema 'Harga' dan 'Pekerjaan' adalah iklan yang ditolak semua stasiun.

Berikut pernyataan penolakan yang ditunjukkan tim sukses Megawati-Prabowo dari stasiun televisi:

"Sehubungan dengan iklan kampanye Mega-Prabowo versi harga, revisi yang telah kami preview dengan ini kami sampaikan bahwa materi tersebut tidak dapat kami tayangkan. Dikarenakan, content tidak disetujui oleh internal sensor dari salah satu stasiun televisi."

arfi.bambani@vivanews.com

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!
Pabrik GAC Aion / perakitan mobil

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Dalam kurun waktu singkat, perusahaan berhasil menunjukkan dedikasi dan komitmennya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024