Heli TNI AU Jatuh di Bogor

Hanya Satu Lubang Disiapkan di TMP Dreded

VIVAnews - Helikopter TNI Angkatan Udara jenis Puma SA 330 dengan nomor registrasi H-3306  jatuh pada Jumat 12 Juni 2009 sekitar pukul 14.20 di Lapangan Udara Atang Senjaya, Bogor, Jawa Barat. Empat dari tujuh penumpang heli tewas dalam musibah tersebut.

TNI Angkatan Udara berencana memakamkan empat korban tewas jatuhnya helikopter di Makam Pahlawan Dreded, Bogor Selatan. Namun, pantauan VIVAnews, hanya satu lubang makam yang disiapkan di pemakaman tersebut.

"Semalam saya melihat petugas menggali empat kuburan, sampai jam lima masih ada [empat],"  kata salah satu warga bernama Ridwan kepada VIVAnews, Sabtu 13 Juni 2009 pagi. Tiga lubang lainnya kini sudah ditutup kembali.

Menurut informasi dari petugas Lapangan Udara Atang Senjaya, Kapten Suparman, lubang tersebut disiapkan untuk jenazah salah satu korban, Sersan Kepala Catur Heli. Serka Catur lahir di Bogor pada 8 Mei 1975. "Pemakamannya akan dilaksanakan pada pukul 10.00, sebagai komandan upacara Komandan Lanud Atang Senjaya, Marsekal Pertama Bambang Agus Utomo," tambah dia, Sabtu pagi.

Ditambahkan Suparman, tiga jenazah korban lainnya dimakamkan di tempat terpisah. Peti mati yang membawa jenazah mayor Sobiq Fanani dan Lettu Wisnu dibawa ke Lapangan Udara Halim PErdana Kusuma. Sobiq kemudian akan dimakamkan di Magelang sedangkan Wisnu di Solo, Jawa Tengah.

Sedangkan jenazah Sertu Dodi dimakamkan di Kalijati, Subang. Upacara pelepasan dilakukan Sabtu dini hari sekitar pukul 05.00 dipimpin Danlanud, Marsekal Pertama Bambang Agus Utomo.

Saat kecelakaan terjadi, helikopter nahas milik TNI Angkatan Udara ini sedang menjalani tes terbang. Heli perlahan naik, lalu tiba-tiba terjatuh. Warga sekitar mendengar suara ledakan keras dan disusul dengan kepulan asap.

Menurut Panglima Komando Operasi I TNI Angkatan Udara, Marsekal Muda Imam Sufaat, helikopter tersebut sempat mengalami kerusakan parah hingga harus menjalani perawatan di Bandung, enam bulan lalu.

Kecelakaan ini sangat memrihatinkan karena terjadi hanya empat hari dari kecelakaan helikopter jenis Bolkow di Cianjur Selatan.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Laporan: Ayatullah Humaeni| Bogor

Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024