Depo Pertamina Makassar Meledak

Api Membakar Instalasi Gas Depo Makassar

VIVAnews - Depo Pertamina Makassar di Jalan Soekarno-Hatta, Makassar meledak dan terbakar Sabtu 13 Juni 2009 sekitar pukul 08.00 waktu setempat. Menurut Kepala Kepolisian Resor Pelabuhan, Makassar, Ajun Komisaris Besar Sri Rejeki, api berasal dari lokasi pengisian gas elpiji ke mobil tanki.

"Yang terbakar instalasi pengisian gas," kata dia kepada VIVAnews, Sabtu 13 Juni 2009. Saat ini petugas pemadam kebakaran sedang berusaha memadamkan api. Sementara para karyawan pertamina juga melakukan langkah antisipasi, mencegah api menjalar. Mereka juga tampak mengamankan barang-barang berharga di kantor.

Sampai saat ini belum jelas apakah ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Dihubungi terpisah, Juru Bicara Pertamina Makassar, Rosmini mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi untuk menentukan langkah-langkah terkait peristiwa kebakaran. " Kami meminta pemadam memadamkan api terlebih dahulu, langkah-langkah selanjutnya akan dilakukan selanjutnya," tambah dia.

Sampai sekarang, tambah dia, Pertamina belum bisa mengungkap apa penyebab kebakaran tersebut.

Kebakaran sebelumnya menimpa Depo Plumpang pada Minggu 18 Januari 2009. Kebakaran itu menimpa tanki raksasa yang terbesar dan modern. Kebakaran disebabkan oleh tekanan dari dalam tangki yang tidak mampu diantisipasi oleh sistem pengamanan tangki.
 
Api di Plumpang baru bisa dipadamkan pada Senin, 19 Januari 2009, sekitar pukul 06.00 WIB. Depo Plumpang adalah pusat suplai bahan bakar untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Satu orang tewas dalam musibah kebakaran ini, yakni  Zaenuddin (25) yang merupakan petugas satuan pengamanan Pertamina.

Depo Pertamina Biak juga pernah mengalami kebakaran di malam jelang pelaksanaan pemilu legislatif pada Rabu 8 April 2009 sekitar pukul 22.15 waktu setempat. Kebakaran juga menimpa  16 rumah yang ada di sekitar depo. Diduga kuat, api yang membakar Depo Biak sengaja disulut sebagai upaya menggagalkan pemilu.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

Laporan: Rahmat Zeena|Makassar

Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024