Konsol Game

Nintendo DS Kuasai Konsol Portabel

VIVAnews - Nintendo melaporkan telah menjual 100 juta unit perangkat gamenya, Nintendo DS, ke seluruh dunia sejak diluncurkan 2004 silam. Pencapaian ini sekaligus mengokohkan posisi konsol tersebut sebagai perangkat game portabel dengan penjualan tercepat.

Sebagai perbandingan, seperti dikutip VIVAnews dari InformationWeek, Jumat 13 Maret 2009, rival terkuat Nintendo di pasar game portable, Sony, dilaporkan baru berhasil menjual sekitar 50 juta unit PlayStation Portable sejak dirilis di tahun yang sama.

Nintedo melaporkan, perangkat ke seratus juta-nya telah terjual pada 6 Maret silam. Total penjualan Nintendo ini meliputi Nintendo DS, DS Lite, dan DSi. Untuk DSi, saat ini baru dipasarkan di Jepang, dan akan dijadwalkan tersedia di toko-toko retail Amerika Serikat mulai 5 April 2009 dengan banderol US$ 170 atau setara Rp 2 jutaan per unitnya.

Saat diluncurkan pertama kali, DS original dilengkapi dengan dual-screen, panel sentuh, dan kemampuan mengenali suara. Bedanya dengan DS Lite, fisik produk yang lebih baru itu lebih tipis dibandingkan DS original.

Sementara pada seri DSi, Nintendo membenamkan dua kamera 0,3 megapiksel, satu di bagian luar perangkat, dan satu lainnya bisa ditemui ketika user membuka flip DSi. Untuk kamera yang berada di dalam perangkat, dimaksudkan pengembang untuk membuat game lebih interaktif.

Tak hanya itu, DSi juga memiliki fitur perekam suara, pemutar musik, software untuk memfilter suara sekaligus mengubah tempo lagu. Perangkat ini juga dapat memainkan game-game hasil unduh yang jumlahnya mencapai 850 judul.

Pada 31 Desember lalu, diketahui bahwa 83 game DS telah diunduh masing-masing hingga 1 juta kopi secara global. Bahkan tujuh game di antaranya, melebihi angka 10 juta kopi.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024