Kronologi Sakit Versi Yudhoyono

"Saya Mengalami Rasa Sakit yang Tidak Biasa"

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono buka suara tentang isu-isu aktual yang terjadi, termasuk soal insiden sakit saat kunjungan kerja di Sulawesi Selatan yang jadi polemik di media.

"Karena rumor-rumor cukup banyak dan bermacam-macam lebih baik mendengar langsung dari saya, karena saya yang mengalami sendiri rasa sakit yang tidak biasanya," kata Yudhoyono di hadapan para wartawan di kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, Minggu 15 Maret 2009.

Diceritakan Yudhoyono, kunjungan ke Sumatera Selatan dua hari lalu menjawab undangan Gubernur Sulawesi Selatan Desember 2008 lalu. Karena kesibukannya, undangan tersebut baru bisa dipenuhi Jumat 12 Maret 2009.

Rasa sakit, kata Yudhoyono sudah dirasakannya saat pesawat mendekati Makassar. "Saya merasa ada gangguan perut," kata dia. Yudhoyono mengaku pernah menderita mag saat masih muda.

Meski sudah diberi obat mag oleh dokter kepresidenan dan makan makanan kecil di ruang tunggu VVIP di Bandara Hasanuddin, Makassar, sakit tak kunjung sembuh. Perjalanan ke Pangkep, lanjut Yudhoyono, ditempuh dengan perjalanan darat. "Rasanya lambung saya nyeri sekali, saya bertahan.  Sampai di Pangkep pukul 12.30 jadwalnya adalah ishoma, tapi saya langsung masuk di Mess [semen] Tonasa," kata dia.

Istirahat di mess tak membuat sakitnya mereda. "Karena sakitnya tambah hebat, saya diterapi oleh Dokter Idrus dari Universitas Hasanuddin," kata Yudhoyono.

Dia membantah berita beredar bahwa sakit perut yang dia alami gara-gara makan di Tonasa. Menurut Yudhoyono, selama di Tonasa dia tak sempat makan. "Saya mengalami sakit perut yang luar biasa selama tiga jam. Ini di luar kebiasaan," kata dia.

Upayanya untuk tetap hadir di lokasi peresmian tak bisa dilakukan. Sebab, sakit yang menyerang tak kunjung berkurang. "Maka saya wakilkan pada Menko Kesra. Setelah mendapat perawatan, berangsur berkurang tapi juga beluim pulih benar," lanjut Yudhoyono.

Di Makassar Yudhoyono mendapatkan pengecekan tekanan darah, fungsi jantung. Esoknya, Yudhoyono memperoleh pengecekan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta Pusat. "Tak ada yang serius, semua normal. Ini yang terjadi," tambah dia.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng
Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024