70 Tim Pengembang Ikut Kompetisi Yahoo Mobile

VIVAnews -- Yahoo hari ini mengumumkan peluncuran acara kompetisi untuk para pengembang aplikasi mobile lokal, yaitu Yahoo Mobile Developer Award (YMDA) di Indonesia.

Hingga penutupan registrasi peserta tadi malam, YMDA diikuti oleh 70 tim lokal. Masing-masing tim terdiri dari 1-3 developer, yang berasal dari berbagai latar belakang usia dan pekerjaan.

"Hari ini kami menghadirkan YMDA ke Indonesia karena kami yakin ada banyak sekali talenta yang berpotensi besar. Ini sekaligus menjadi peluang bagi mereka mengembangkan kreativitas seluas-luasnya," ujat Turochas Fuad, Head of Mobile Yahoo Mobile South East Asia.

Lebih lanjut, Fuad mengatakan ajang ini bisa menjadi peluang bisnis baru bagi para pengembang. Sementara perusahaan yang mensponsori acara ini bisa memperkuat corporate brand mereka sekaligus menjangkau konsumer mobile.

Di ajang ini, para developer ditantang membuat bagi para perusahaan sponsor yang berasal dari beragam industri. Para pengembang harus membangun aplikasi mobile menggunakan platform Yahoo Blue Print 1.1, sesuai dengan permintaan masing-masing sponsor.

Misalnya saja, sponsor yang bergerak di jasa perbankan bisa meminta developer membuatkan aplikasi pencari ATM terdekat. Dengan platform Blue Print 1.1, kata Fuad, memungkinkan para pengembang menggunakan bahasa XML yang sederhana, untuk membuat aplikasi di ponsel secara lebih mudah.

Nantinya, aplikasi-aplikasi mobile itu bisa digunakan para perusahaan sponsor sebagai bagian dari layanan mereka kepada konsumen melalui 300 model perangkat ponsel yang berbeda.

Acara seperti ini sebenarnya bukan pertama kalinya diadakan. YMDA pertama diadakan di Singapura pada 2008. Saat itu, YMDA melibatkan sekitar empat sponsor seperti Malaysia Online, DBS Bank, Kellogg's Asia, dan UEEEU.com.

Rencananya, acara ini berlangsung sejak 4 April besok hingga 16 Mei 2009 mendatang. Besok di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, para peserta akan bertemu dengan para sponsor yang akan memberikan panduan kepada pengembang untuk membangun aplikasi yang mereka inginkan.

Setelah itu, pengembang harus mengumpulkan hasil final aplikasi pada 1 Mei. Juri yang masing-masing terdiri dari dua orang wakil sponsor dan seorang dari yahoo, akan menganalisa sekaligus menguji semua aplikasi yang terkumpul pada 4-5 Mei 2009.

Pada 9 Mei, akan diadakan penilaian oleh Juri berdasarkan presentasi peserta selama 15 menit. Dan pengumuman pemenang akan diadakan pada tanggal 16 Mei.

Masing-masing sponsor berhak menentukan pemenang berdasarkan aplikasi yang mereka anggap terbaik. Pemenang itu akan memperoleh hadiah uang tunai senilai US$ 10 ribu.

Dari masing-masing pemenang kategori akan ditentukan pemenang terbaik yang akan menyabet gelar Best in Show, sekaligus mendapat tambahan hadiah sebesar US$ 10 ribu lagi.

Yahoo berencana untuk menggelar acara-acara serupa yang berbasis pengembangan komunitas. "Kami melihat potensinya sangat besar di Indonesia untuk kegiatan semacam ini," kata Fuad.

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

Yahoo sendiri telah berancang-ancang menggelar acara lain yang melibatkan komunitas. "Tapi untuk saat ini masih rahasia perusahaan," tambah Fuad.

Arema FC vs Persebaya Surabaya

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

Arema FC harus menelan malu usai kalah dari tim rival Persebaya. Singo Edan menyerah 0-1 pada laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024