Obama Serukan Dunia Bebas Nuklir

VIVAnews - Presiden Amerika Barack Obama menyerukan agara dunia bebas senjata nuklir.

Saat berbicara di hadapan massa lebih dari 30 ribu warga di ibukota Republik Ceko, Praha, Presiden Barack Obama menyampaikan seruan untuk menghentikan penyebaran senjata nuklir.

"Keberadaan ribuan senjata nuklir merupakan warisan paling berbahaya Perang Dingin," kata Obama.

Dia menyebutkan, era Perang Dingin telah sirna, tapi ribuan senjata nuklirnya belum.

Obama menyatakan, dia menyatakan secara jelas komitmen Amerika untuk mengupaya dunia tanpa senjata semacam itu.

Dia mengatakan, Amerika akan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi peran senjata nuklir dalam strategi keamananya, dan memulai putaran baru perundingan baru mengenai pembatasan senjata dengan Rusia.

Obama menambahkan, pemerintahnya akan mengupayakan Amerika ikut meratifikasi traktat pelarangan uji nuklir internasional.


Dan, menurut Obama, Washington akan mengupaya kesepakatan baru untuk melarang produksi fissile material (bahan yang menopang reaksi berantai dalam fisi nuklir).

Obama mengatakan, pemerintahnya akan berusaha untuk berhubungan dengan Iran, dan menyodorkan kepada Iran pilihan antara mendapatkan akses ke energi nuklir damai, atau menghadapi risiko isolasi dengan strategi nuklirnya saat ini, yang menurut Obama, menimbulkan ancaman yang jelas.

Meski cita-cita nuklirnya mungkin tidak tercapai dalam masa hidupnya, Obama mengatakan, dia akan berjuang untuk mencapainya.

Obama mengatakan, sepanjang Iran masih tetap menjadi potensi ancaman nuklir, Amerika akan terus menggarap perisai pertahanan rudal, yang sebagian ditempatkan di Polandia dan Republik Ceko.

Presiden Amerika berpidato menjelang pertemuan dengan para pemimpin Uni Eropa di Praha, beberapa jam setelah Korea Utara meluncurkan roket dengan mengesampingkan peringatan internasional.

Obama mengutuk peluncuran itu, dan menyatakannya provokasi itu menekankan perlunya tindakan diambil.

"Kini tiba saatnya rekasi tegas internasional, dan Korea Utara harus tahu bahwa jalan menuju keamanan tidak akan pernah datang melalui senjata ilegal," kata Obama seperti dikutip BBC, Minggu, 5 April 2009.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?
Athletic Bilbao rayakan gelar Copa del Rey dengan perahu

Agak Laen! Athletic Bilbao Rayakan Juara Copa del Rey dengan Naik Perahu

 Cara agak laen dilakukan Athletic Bilbao dalam merayakan gelar Copa del Rey 2023/24 bersama fans. Mereka justru merayakan juara dengan menggunakan perahu.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024