Nano Meluncur, RI Perlu Buat Mobil Murah

VIVAnews - Produksi mobil murah sangat diperlukan industri otomotif nasional guna meningkatkan penjualan kendaraan. Karena itu, dukungan pemerintah soal keringanan pajak sangat diharapkan pelaku usaha.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Bambang Trisulo mengatakan, sejumlah pabrikan nasional telah mengembangkan mobil dengan harga murah, namun pajak yang dikenakan masih terlalu tinggi. Sehingga tetap membuat harga mobil masih terbatas bagi orang kaya.

Kemunculan Nano, mobil super murah yang dilucurkan Tata di India, merupakan terobosan yang patut diacungi jempol. "Tapi Anda tidak tahu, Nano bisa dijual sekitar Rp 23 juta per unit itu karena tanpa pajak," kata Bambang kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa 7 April 2009. "Kalau mobil itu dirakit dan dijual di Indonesia, harga itu berubah jadi Rp 40 juta."

Bambang mengatakan, dukungan pemerintah diperlukan jika keinginan mobil murah bisa berjalan di Indonesia. Pembuatan Avanza-Xenia oleh Toyota dan Daihatsu Indonesia merupakan langkah nyata meningkatkan penjualan otomotif nasional. "Avanza-Xenia bisa dijual Rp 60 juta jika tanpa pajak. Tidak jauh beda dengan mobil murah negara lain," ujarnya.

Namun, Bambang mengatakan, harga mobil murah yang ditawarkan sangat rentan dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Sebab itu, kestabilan ekonomi nasional sangat penting. "Percuma kami memembuat harga murah, tapi tiba-tiba rupiah melemah," katanya.

Menurut Bambang, kebutuhan mobil murah sangat diperlukan bagi masyarakat Indonesia. Tentunya, jangan melihat Jakarta yang kemacetannya sangat parah. Namun kebutuhan masyarakat daerah yang sangat membutuhkan. "Lihat di Irian, Sumatra, Kalimantan. Dengan mobil murah, pasti sangat membantu masyarakat," katanya.

Tinggalkan Kodam Jaya, Mayjen TNI Putranto Gatot Terima Tongkat Komandan Dewa Perang TNI
Farrel Hilal

Alasan Farrel Hilal Memilih Jakarta Selatan sebagai Inspirasi Lagu Debutnya

Lagu ini merupakan perwujudan dari pengalaman hidup Farrel di Jakarta Selatan, yang dipenuhi dengan cerita-cerita menarik tentang kehidupan sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024