Kasus Senoro, KPPU Panggil Menteri Energi

VIVAnews - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan memanggil Menteri Negara Energi dan Sumebr Daya Mineral pada Rabu, 15 April 2009. Pemanggilan Menteri Energi terkait dugaan pelanggaran tender pengadaan gas di Lapangan Donggi Senoro, Sulawesi Tengah. 

"Kami ingin buka-bukaan data KPPU dan pemerintah," kata Ketua KPPU Benny Pasaribu di Jakarta, Senin 13 April 2009. Menurut Benny, informasi dari dua pihak dilakukan sebagai klarifikasi.

Pemanggilan tersebut diagendakan untuk mendengarkan keterangan pemerintah atas kebijakan departemen terkait dalam pelaksanaan usaha minyak dan gas. "Pada dasarnya, pemerintahan harus berjalan sesuai dengan jalur konstitusi kita," ujarnya. Semua kekayaan alam termasuk bumi dan air, menurut Benny, harus dikuasai negara.

PT Donggi Senoro LNG dinyatakan menang dalam tender pengadaan kilang gas LNG Lapangan Donggi Senoro. PT Donggi Senoro LNG merupakan konsorsium dari Pertamina, PT Medco Energi Internasional Tbk, dan Mitsubishi. Namun, KPPU menduga ada indikasi persaingan tidak sehat dalam tender proyek LNG di Sulawesi Tengah yang dilakukan Donggi Senoro LNG.

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

OJK meminta masyarakat untuk tidak panik merespons meningkatnya tensi geopolitik antara Iran-Israel.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024