Menkeu Minta Pemekaran Daerah Direm

VIVAnews - Penambahan 26 daerah baru pada 2010 akan berdampak terhadap pengurangan jumlah Dana Alokasi Umum (DAU) yang diterima daerah. Karena itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta pemekaran daerah ditunda.

"DAU dibagi pada hampir semua daerah," kata Menteri Keuangan pada Musyarawarah Perencanaan Pembangunan Nasional  2009 di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa, 12 Mei 2009.

Tahun depan, adanya 26 daerah baru, secara otomatis akan mengurangi dana yang diperoleh setiap daerah. Ani mengatakan pemekaran daerah yang berstatus mandiri akan membutuhkan dana DAU untuk pengeluaran seperti pembangunan infrastruktur, barang dan jasa serta alat transportasi.

"Daerah baru pasti perlu gedung DPRD baru, mobil baru, kantor bupati baru," katanya.

Adapun untuk 14 daerah lainnya masih mengikut dari daerah induknya. Agar tidak mengurangi jumlah penurunan anggaran DAU, Ani mengharapkan pemekaran daerah ditunda lebih dahulu. "Pemekaran daerah harus direm," tutur Ani.

Ani juga mengingatkan agar pemerintah daerah selalu meningkatkan akurasi data setiap tahun. "Akurasi data penting untuk pembagian DAU," tutur Ani.

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1
Pendampingan pembentukan koperasi di Banyuasin

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan arahan agar jajarannya mampu membangun ekosistem baru di sektor pertanian dan membuat pertanian diminati anak muda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024