Bayi Kembar Siam Asal Lombok Segera Dioperasi

VIVAnews - Tim Dokter RSU Dokter Sutomo tangani bayi kembar siam asal Peneda Gandor, Labuhan Haji, Lombok Timur, bernama Muhammad Faras dan Muhammad Naufal.

Tim yang terdiri dari enam dokter spesialis terus memeriksa kondisi bayi kembar siam yang dirawat diruang inkubator RSU Provinsi NTB.

Rencananya kedua bayi kembar siam itu akan dibawa ke Rumah Sakit dokter Sutomo Surabaya pada 20 Mei mendatang. 

Ketua tim dokter bayi kembar siam, Agus Harianto mengatakan, tim dokter akan melakukan stabilisasi terhadap kondisi tubuh kedua bayi tersebut sebelum dibawa ke Surabaya.

Selanjutnya kedua bayi itu akan dibawa ke Surabaya untuk dilakukan operasi pemisahan.  "Kami sudah melihat langsung kondisinya. Bayi bernama faras kondisinnya baik sedangkan bayi bernama Naufal mengalami gangguan pada pembuluh darah jantungnya," kata Agus kepada wartawan di Mataram, Selasa 12 Mei 2009.

Penanganan kasus bayi kembar siam menurutnya membutuhkan strategi dan sistem tertentu. Artinya butuh waktu lama untuk memastikan kondisi pasien tersebut.

Hasil pemeriksaan sementara tim dokter menunjukkan bayi kembar siam dalam kondisi baik. Pihaknya optimistis dapat memisahkan kedua bayi tersebut. 

"Kami akan menyiapkan alat khusus untuk merawat kedua bayi ini. Kami juga akan menempatkan tim kami untuk memantau kondisi bayi selama proses stabilisasi," ujarnya.

Bayi kembar siam Muhammad Faras dan Muhammad Naufal adalah putra pasangan Muhammad Ridwan dan Baiq Widiawati. Bayi itu lahir pada tanggal 17 Maret 2009 melalui proses sesar.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Selama ini kedua bayi tersebut mendapat pantauan khusus tim dokter spesialis anak RSU Provinsi NTB.

Laporan: Edy Gustan| Mataram

Duel Real Madrid vs Barcelona

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Duel Real Madrid vs Barcelona dalam lanjutan LaLiga matchday ke 32 di Stadion Santiago Bernabeu, Senin 22 April 2024. pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024