Tim Internet Banking Danamon

Kami Tak Mau Ketinggalan di Internet Banking

VIVAnews - Perkembangan pesat pengguna internet, membuat Bank Danamon kepincut. Bank yang dikendalikan oleh Temasek Holdings ini mulai melirik pasar yang diperkirakan empuk di masa datang. Apalagi, Danamon tergolong terlambat dibandingkan bank-bank lain sudah terjun jauh lebih awal.

Untuk mengetahui bagaimana rencana Danamon terjun ke layanan internet banking, wartawan VIVAnews, Heri Susanto dan Muhammad Chandrataruna mewancarai sejumlah pejabat Danamon yang terlibat intens dalam pengembangan internet banking di kantor Danamon, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Narasumber yang diwawancarai adalah Wicahyo Ratomo, Executive Vice President Retail Banking, William Gomulia, Head of Division ATM dan HP Banking Management Division, serta Arrefto Ario, Alternative Channel Bussiness Development Head. Mereka secara bergantian dan saling melengkapi menjawab pertanyaan VIVAnews. Berikut ini petikannya:


Apa yang mendorong Bank Danamon tertarik masuk pasar internet banking?


Kami ingin memperluas pasar Bank Danamon yang sudah ada. Kami akan memperbanyak jaringan agar produk kami mudah dijual. Jadi, nantinya kami harapkan jaringan ini bisa memperkuat Danamon secara keseluruhan. Apalagi, Danamon adalah universal banking. Artinya, kami melayani berbagai segmen customer dan kami menawarkan berbagai produk untuk konsumen, baik konsumen retail maupun korporat. Bukan kesan yang selama ini muncul bahwa Danamon cenderung dikenal sebagai bank yang fokus pada usaha kecil dan menengah (UKM).

Bagaimana sesungguhnya posisi Danamon dibandingkan dengan bank papan atas lainnya di internet banking?

Begini, di antara 10 bank papan atas di Indonesia, hanya Danamon yang belum memiliki internet banking, khususnya retail internet banking. Sejauh ini, kami hanya punya corporate internet banking. Karena itu, kami tak mau ketinggalan. Kami memutuskan untuk meluncurkan internet banking dua tahun lalu. Lalu, kami mulai garap dalam setahun terakhir ini. Rencananya, kami akan tayang Mei. Namun, secara internal, layanan ini sudah tayang dan sudah diuji. Cuma, belum dibuka untuk publik.

Kenapa baru sekarang terjun ke internet banking?

Dulu kami beranggapan dengan ATM dan contact center sudah cukup. Namun, kebutuhan teknologi terus berkembang, permintaan internet semakin tinggi sehingga kami putuskan membuat layanan internet. Kami nggak mau internet sekedar pelengkap, tetapi kami akan menyuguhkan layanan internet banking yang kompetitif. Apalagi, kami dalam program transformasi retail banking.

Sebenarnya, berapa besar potensi pasar internet banking?

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Kalau kami perhatikan pertumbuhan pengguna internet cukup tinggi. Saat ini saja, pengguna internet sudah mencapai sekitar 25 - 30 juta. Dalam tempo dua tahun, penggunanya sudah naik 10 kali lipat. Memang benar tidak semua memanfaatkan fungsi internet banking. Tetapi, dengan pertumbuhan pengguna internet yang cukup pesat, saya kira potensi pasar internet banking secara perlahan akan terus meningkat.

Dari hasil survei Danamon, berapa banyak nasabah bank yang menggunakan internet banking?

Kalau diamati, walaupun tidak mewakili seluruh bank yang ada, sekitar 10 persen dari total nasabah menggunakan internet banking. Kalau frekuensi atau nilai transaksinya, tiap-tiap bank pasti berbeda. Tetapi, rata-rata 10 persen dari total nasabah bank memakai internet banking. Beberapa bank mungkin di bawah 10 persen dari nasabahnya.

Yang menjadi target Danamon, nasabah lama atau baru?

Dua-duanya. Kalau paling gampang, tentu lebih mudah memprioritaskan nasabah lama. Tetapi jangka panjang, target utama kami adalah nasabah baru.

Berapa banyak dari nasabah yang diharapkan memanfaatkan  internet banking?

Jumlah nasabah Danamon saat ini sekitar 1 juta orang. Tahap awal, kami targetkan juga sekitar 10 persen dari nasabah Danamon akan memakai internet banking. Namun, dengan semakin tumbuhnya pengguna internet, kami berharap pelanggan kami terus bertambah. Apalagi, kami memberikan berbagai kemudahan dan keunggulan bagi nasabah untuk memanfaatkan fasilitas internet banking. 

Lantas, apa kelebihan internet banking Danamon dibandingkan dengan bank lainnya?

Kami berpikir jika kami tidak lengkap, maka kami tidak akan lebih baik dari kompetitor. Internet kami hampir sama dengan bank lain. Kelebihannya, internet Danamon lebih convenience dan praktis.

Fitur keunggulannya ....

Kami mengadopsi sistem 3-click metaphor, artinya cukup dengan tiga klik, user bisa melakukan transaksi dengan cepat. Kedua, proses aktivasi yang bisa dilakukan dalam waktu lima menit. Ini berbeda dengan bank-bank lain yang memakan waktu bisa sampai seharian atau bahkan tiga hari. Ketiga, kami satu-satunya bank yang mempunyai dua macam token, token fisik dan SMS token via ponsel. Jadi, kode verifikasi bisa diterima via ponsel.

Untuk meluncurkan varian token baru, Danamon melakukan survei lebih dulu. Dari hasil survei apa yang menonjol?

Internet sebagai transaction channel merupakan hal yang sama dengan bank-bank lain. Jadi, kami berusaha menyediakan yang berbeda. Walaupun kami tetap menyediakan token biasa. Namun, dengan sms token, user memperoleh kemudahan karena tidak harus membawa token fisik kemana-mana. Cukup dengan membawa ponsel mereka. Masalah-masalah yang mendasar seperti itulah yang kami hindari.

Berapa besar investasi Danamon untuk internet banking?

Jumlahnya cukup besar. Bahkan dibandingkan dengan pesaing kami, dana yang kami keluarkan untuk proyek ini sangat besar. Namun, kami tidak bisa menyebutkan jumlahnya berapa.

Kalau karyawan yang dilibatkan berapa banyak?

Proyek internet banking ini merupakan salah satu proyek prioritas Danamon sejak tahun lalu. Karena itu, kami sangat serius di proyek ini. Selain jumlah investasi yang besar, karyawan yang dilibatkan juga mencakup berbagai divisi. Namun, secara keseluruhan yang terlibat intens dalam proyek ini sekitar 50-an orang.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang
Anak kucing

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Merawat kucing menjadi tanggung jawab yang besar bagi setiap pemiliknya. Kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan kita menjadi prioritas utama. Berikut ini tipsnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024