AFC Minta FIFA Turun Tangan

VIVAnews - Kisruh saat pemilihan Presiden Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) membuat Mohamed Bin Hammam menginginkan penyelidikan. Bin Hammam yang kembali terpilih jadi orang nomor satu di AFC itu bahkan sengaja meminta Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) untuk turun tangan.

Seperti dilansir Eufootball, Jumat 15 Mei 2009, bin Hammam tak terima  berbagai tuduhannya yang dialamatkan padanya. Hal ini ditegaskan Presiden AFC selama 13 tahun itu, di London.

"Semua pihak punya kewajiban mendalami situasi dan setuju untuk disalahkan bila semua tuduhan itu tak terbukti," kata bin Hammam.

Tahun ini memang penuh cobaan untuk pria asal Qatar itu. Ia menemui penantang baru dalam wujud Wakil Presiden FIFA, Chung Mong-joon. Chung menuding sang Presiden tidak transparan, diktator, dan mengalami masalah kejiwaan.

Namun, segala tudingan ini tidak berpengaruh pada hasil Kongres AFC 8 Mei lalu di Kuala Lumpur, Malaysia. Bin Hammam menang 23 suara berbanding 21 dengan calon Presiden lain yang dijagokan Chung, Sheikh Salman bin Ebrahim al-Khalifa.

Tapi beberapa kejadian dalam kongres itu, dianggap bin Hammam layak diselidiki oleh Komite Etik FIFA. Pasalnya pria yang pernah berkampanye ke PSSI itu menemukan bukti, kalau ada beberapa pemilih yang mengubah pilihan hanya dalam waktu 24 jam.

Pernyataan ini bertentangan dengan apa yang dikatakan bin Hammam beberapa hari lalu. Saat itu ia berujar kalau tidak mau ambil pusing dengan segala tuduhan itu.

"Saya tak punya masalah dengan pernyataan Chung. Malahan dia merupakan salah satu pihak yang ingin saya ajak kerjasama demi kebaikan Asia."

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024