XL Latih Mahasiswa Teknologi Telekomunikasi

VIVAnews - PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) baru-baru ini menggelar kegiatan XL Camp, yakni sebuah program CSR XL Regional Sumatera berupa Pelatihan Dasar Telekomunikasi (Basic Telco) untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Universitas Sumatera Utara (USU). 

XL melatih 30 mahasiswa Universitas Sumatera Utara Medan berbagai keahlian dasar di bidang telekomunikasi, meliputi layanan internet (koneksi) melalui perangkat handset (HP atau BlackBerry), serta data card (laptop atau desktop). 

Selain itu, XL Camp juga memfasilitasi mahasiswa untuk dapat mengoperasionalkan peralatan transmisi telekomunikasi secara langsung dengan berkunjung ke pusat network XL (MSC XL) di Tanjung Morawa.

"Ini merupakan kali kedua kami menjalankan program XL Camp, yang mana sebelumnya dengan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)," kata Vice President Regional Sumatera XL Agus Simorangkir, dalam keterangan pers XL yang dikutip VIVAnews, Jumat 15 Mei 2009.

"Kami berharap, pelatihan ini akan bermanfaat bagi mahasiswa baik untuk penelitian maupun penyiapan tenaga terampil di bidang telekomunikasi," tandasnya.

Sementara itu di Jakarta, pekan lalu, XL juga bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Elektro Fakultas Teknik Universitas Pancasila menggelar program bertajuk Electric Green. Pada acara ini, XL mengenalkan teknologi WiMAX dan Fiber Optic kepada mahasiswa.

XL juga menyelenggarakan program donasi pendidikan berwujud perangkat multiplexter kepada 14 perguruan tinggi di berbagai daerah. Multiplexter adalah perangkat transmisi yang dipakai oleh semua operator telekomunikasi, baik GSM maupun lainnya yang berfungsi untuk mengoperasikan transmisi backbone.

"Rata-rata Fakultas Elektro di perguruan tinggi tidak memiliki perangkat ini. Meskipun alat ini tidak baru lagi, tetapi masih cukup bermanfaat bagi kalangan perguruan tinggi untuk mempelajari cara kerja dan operasionalisasi telekomunikasi," terang Agus.

Adapun perguruan tinggi yang mendapatkan donasi multiplexter tersebut adalah Universitas Trisakti, Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Jakarta, ITB, Politeknik ITB, Institut Teknologi Harapan Bangsa, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Kristen Satya Wacana, UGM, ITS, Politeknik ITS, Universitas Petra, Universitas Brawijaya, dan Universitas Udayana.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU
Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

KPU Jamin Netralitas Pemilu, Sudah Diawasi Presiden dan DPR

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menjamin netralitas sebagai penyelenggara dalam memverifikasi partai politik sebagai peserta pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024