Perang Pakistan-Taliban

Pakistan Kuasai Markas Taliban di Mingora

VIVAnews - Tentara Pakistan berhasil menguasai wilayah penting di Mingora dalam memerangi militan Taliban di Lembah Swat. Juru bicara militer, Jenderal Athar Abbas, mengatakan tentara telah membunuh sepuluh pejuang militan dan menangkap puluhan anggota Taliban.

"Kami telah menguasai tiga dari lima jalan utama di Mingora, menutup lalu lintas Taliban di Swat," kata Abbas, Minggu, 24 Mei 2009, seperti dikutip stasiun televisi Iran Press TV.

Keberhasilan operasi militer di Mingora ini dianggap sebagai titik terpenting dalam serangan tentara ke kubu Taliban. Kota Mingora merupakan salah satu markas Taliban, tempat mereka melancarkan serangan ke daerah sekitarnya.

Sejak akhir bulan lalu, sebanyak 1.200 militan telah tewas dan dua juta warga Swat terpaksa mengungsi. Militer mengatakan operasi ini berjalan amat lambat karena ingin menghindari korban sipil di kota tempat 20.000-an warga tinggal.

Lembah Swat merupakan kawasan strategis yang terletak 160 kilometer dari ibukota Islamabad. Sebelum dikuasai Taliban, wilayah ini merupakan tujuan wisata utama Pakistan dan dijuluki Swiss-nya Pakistan.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024