Terdakwa Korupsi Meninggal

KPK: Pidana Yusuf Setiawan Otomatis Gugur

VIVAnews - Terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran, Yusuf Setiawan, meninggal Dunia. Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan pidana yang dituduhkan kepada almarhum menjadi gugur.

"Pidana menjadi gugur, tapi kasus pemadam kebakaran masih terus kami lanjutkan," kata juru bicara KPK Johan Budi SP, saat dihubungi VIVAnews, Selasa 26 Mei 2009.

Yusuf Setiawan meninggal dunia pada pukul 02.40 di RS Medistra, Jakarta. Rekanan pengadaan alat pemadam kebakaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu meninggal karena komplikasi penyakit demam berdarah dan tipus.

Direktur PT Setiajaya Mobilindo ini mulai dirawat sejak pekan lalu. Kasusnya yang tengah bergulir di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi sempat ditunda. Majelis Hakim memerintahkan Jaksa untuk membantarkan Yusuf di Rumah Sakit Medistra. Yusuf ketika itu ditahan di rumah tahanan Kepolisian Jakarta Pusat.

Yusuf didakwa dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat berat dan mobil ambulance pada pemerintah provinsi Jawa Barat tahun 2003-2004. Perbuatan Yusuf diduga telah merugikan negara sebesar Rp 48,8 miliar yang berasal dari pengadaan tahun 2003 dan 2004. Jaksa menjerat terdakwa dengan pasal memperkaya diri yakni Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Jaksa menilai terdakwa melakukan perbuatan yang memperkaya diri sendiri atau korporasi. Yusuf, kata Jaksa, telah memperkaya PT Setiajaya Mobilindo dan PT Traktor Nusantara pada tahun anggaran 2003 sebesar Rp 20,7 miliar dan tahun 2004 Rp 28,1 miliar. Kasus ini juga menjerat mantan Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan dan dua orang mantan pejabat provinsi.

Mengenai kerugian negara yang dituduhkan, menurut Johan, KPK akan mendiskusikan lagi. "Karena sudah ada uang yang dikembalikan yang bersangkutan," ujarnya.

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat
Stefano Pioli dan para pemain AC Milan

AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte

Masa depan Stefano Pioli bersama AC Milan masih belum ada kejelasan. Sempat beredar kabar jika dia takkan lagi menjadi pelatih di musim depan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024