DPR Setujui Hak Angket Pemilu

Fraksi PDIP: Bukti Pemilu Banyak Masalah

VIVAnews – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR, Tjahjo Kumolo, menilai disetujuinya penggunaan hak angket untuk menyelidiki pelanggaran pemilu menjadi satu bukti lagi jika proses pemilu 2009 banyak masalah.

“Juga menunjukkan bahwa pemerintah harus bertangung jawab terhadap adanya manipulasi jumlah data pemilih,” kata Tjahjo usai rapat paripurna yang menyetujui mekanisme penggunaan hak angket di gedung Parlemen, Senayan.

PDI Perjuangan merupakan salah satu partai yang selama ini gencar mempublikasikan dugaan manipulasi daftar pemilih tetap di berbagai daerah dalam pemilu 9 April 2009.

Dikatakan, hak angket akan terus berjalan, walau DPR periode ini berakhir segera berakhir pada awal Oktober 2009. Hak ini akan dilanjutkan sampai DPR periode mendatang.

Mengenai apakah koalisi partai besar sudah berjalan dengan bersatunya Fraksi PDI Perjuangan dengan Fraksi Partai Golkar dalam memperjuangkan hak angket itu, Tjahjo mengatakan, “Kami tidak mengarah ke situ, tapi yang penting DPR telah menyepakatinya sehingga pemerintah tidak bisa lempar tangan ke KPU.”

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Sebab, kata Tjahjo, walau penyelenggaraan pemilu dilakukan secara mandiri oleh KPU, data-data pemilih yang digunakan lembaga itu tetap dari pemerintah.

Ilustrasi teknologi tes DNA yang praktis

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Sebuah tes DNA yang menganalisis metabolisme dan kebutuhan nutrisi, memungkinkan para pengguna memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai kondisi kesehatannya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024