Kerjasama Anti Penyelundupan Manusia

Australia Sambut Baik Ekstradisi Penyelundup

VIVAnews - Australia menyambut baik penangkapan atas tersangka penyelundup manusia, Hadi Ahmadi, setelah diekstradisi dari Indonesia. Hadi Ahmadi ditangkap dan ditahan setelah tiba di Perth pada Selasa, 26 Mei 2009.

Kedutaan Besar Australia di Jakarta mengungkapkan bahwa Ahmadi akan diajukan ke meja hijau atas tuduhan telah menyelundupkan 21 orang terkait dengan keterlibatannya dalam empat kedatangan perahu pada 2001.

Dia ditangkap di Indonesia pada 29 Juni 2008 dan pengadilan Indonesia kemudian memutuskan dia dapat diekstradisi ke Australia. Pada 20 April 2009 Presiden Yudhoyono menandatangani keputusan yang menyetujui ekstradisi tersebut.

Menteri Dalam Negeri Australia, Bob Debus, mengatakan ekstradisi tersebut merupakan hasil dari kerja sama erat yang terus berlangsung antara Australia dan Indonesia dalam memberantas penyelundupan manusia.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

“Australia berterima kasih kepada Indonesia atas kerja sama bilateral ini yang memperlihatkan kekuatan Traktat Lombok dan kerja sama yang lebih luas dalam Proses Bali,” kata Debus dalam pernyataan tertulis yang diterima VIVAnews, Rabu 27 Mei 2009. 

Sedangkan Menteri Imigrasi dan Kewarganegaraan Australia, Chris Evans, menyatakan pemerintahnya akan bekerja sama secara erat dengan negara-negara kawasan termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Pakistan dan Sri Lanka untuk mencegah dan membendung orang yang berupaya untuk memasuki Australia secara tidak sah.

Di Australia, hukuman maksimum untuk pelanggaran penyelundupan manusia adalah 20 tahun kurungan penjara berdasarkan UU Migrasi Australia 1958 bab 232A.

Pemerintah Perdana Menteri Kevin Rudd telah memberi komitmen senilai A$654 juta untuk menumpas penyelundupan manusia pada anggaran belanja tahun
ini. 

Australia selama ini menerapkan sistem pengusiran, penahanan wajib dan pemrosesan lepas pantai di Pulau Christmas terhadap seluruh kedatangan kapal yang tidak sah.

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior
Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024