Kisruh Monopoli Carrefour

Nasib 25 Ribu Karyawan Dipertaruhkan

VIVAnews - Perkara dugaan monopoli PT Carrefour Indonesia oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha bakal mempertaruhkan nasib 25 ribu karyawan Carrefour Indonesia paska akuisisi PT Alfa Retailindo. 

"Sebelum Carrefour mengakuisisi Alfa, kami punya 10 ribu karyawan tetap dan 10 ribu karyawan tidak tetap," kata Corporate Affair Carrefour Indonesia Irawan D Kadarman di Jakarta, Rabu 27 Mei 2009.

Menurut dia, PT Alfa Retailindo yang resmi diakuisisi pada Januari tahun lalu mempunyai 3 ribu karyawan tetap dan 2 ribu karyawan tidak tetap. Jadi total setelah kami akuisisi, ada 25 ribu karyawan. "Jumlah yang cukup besar," katanya.

Irawan menjelaskan, keputusan akuisisi PT Alfa Retailindo melihat saat itu kondisi ritel lokal tersebut sedang kesulitan penjualan. "Setelah akuisisi ada renovasi, tidak hanya eksternal tapi juga dengan investasi dan penambahan rak-rak, penerangan, atau sistem komputerisasi," ujarnya. 

Dengan dibukanya gerai baru, Irawan mengaku Carrefour Indonesia menambah tenaga kerja plus pelatihan untuk mengoperasikan sistem yang berbeda dengan yang di Alfa.

Irawan mengakui, akuisisi Alfa oleh Carrefour sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. "Pada 18 Desember 2007, kami sudah menyampaikan surat ke Bapepam dan Bursa Efek Indonesia tentang MoU dengan PT Sigmantara Alfindo dan Prime Horizon Pte Ltd," katanya. Sehari kemudian, nota kesepahaman tersebut dimuat di surat kabar.

Pada 21 Januari 2008, Carrefour sudah menyampaikan surat kepada Bapepam dan BEI tentang penandatanganan dan penutupan (closing) dari perjanjian jual beli saham serta mengumumkannya di surat kabar.

Tenang Hadapi DBD! Menkes Pastikan RS Siap Tangani Pasien, Ini Imbauannya untuk Masyarakat
Apel persiapan keberangkatan bantuan kemanusiaan Indonesia ke Gaza

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

 Bantuan kemanusiaan Indonesia via udara atau airdrop untuk warga Gaza, Palestina, diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 J milik TNI Angkatan Udara

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024