Dugaan Korupsi Depkumham

John Sarodja Tak Pernah Konsep Biaya Akses

VIVAnews - Konseptor sistim administrasi badan hukum atau sisminbakum, John Sarodja Saleh mengatakan mengaku tidak pernah membuat konsep biaya akses sisminbakum.

"Mendengar pun saya tidak pernah," kata John saat bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait kasus dugaan korupsi biaya akses sisminbakum dengan terdakwa Syamsudin Manan Sinaga, Kamis 28 Mei 2009.

Saat mengonsep sisminbakum, kata John, ia pernah mengingatkan pejabat Departemen Kehakiman dan HAM serta rekanan layanan, PT Sarana Rekatama Dinamika, soal biaya akses itu. "Harus ada pertanggungjawaban dan masuk PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak)," jelasnya.

Selain itu, John mengatakan awal mula dia masuk dalam proyek sisminbakum saat Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum saat itu, Romli Atmasasmita meminta mengonsep siminbakum.

Lalu, pada Juni 2000, John diperkenalkan dengan Kuasa Pemegang Saham PT Sarana Rekatama Dinamika Hartono Tanoesudibjo dan Direktur Utama PT Sarana Rekatama Dinamika Yohanes Waworuntu. "Pak John, ini perusahaan yang akan menjalankan sisminbakum," kata John mengutip perkataan Romli saat pertemuan di ruang kerja Romli.

Dalam sidang, John juga mengaku tidak mengenal terdakwa, Syamsudin Manan Sinaga. "Saya hanya mengenal terdakwa dari media massa," kata dia.

Dalam kasus ini, Romli dan Yohanes sudah jadi tersangka. Bahkan, Romli pun sudah disidang dengan berkas terpisah dari Syamsudin.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep
Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024