Wikipedia Blokir Aliran Scientology

VIVAnews - Situs ensiklopedia online Wikipedia, baru-baru ini memblokir  penyuntingan yang dilakukan aliran kepercayaan Scientology.

Ini merupakan pertama kalinya sebuah organisasi keagamaan mendapat blokade untuk berkontribusi dalam menyunting entri di Wikipedia.

Setelah melalui diskusi internal yang panjang, para administrator petinggi Wikipedia, akhirnya memutuskan memblokir komputer milik anggota aliran kepercayaan Scientology untuk mengubah entri apapun di laman Wikipedia. Padahal laman Wikipedia merupakan ensiklopedia terbuka yang bisa diedit oleh siapa saja.

Menurut administrator (pengurus) situs Wikipedia, selama ini para anggota organisasi Scientology berulang kali mengubah lebih dari 400 halaman yang terkait dengan Scientology, menghapus segala referensi negatif dan selalu menambah hal positif tentang kelompok mereka di Wikipedia.

Frekuensi penyuntingan yang begitu sering, membuat administrator merasa mesti memblokir komputer mereka. Administrator mengetahui asal komputer yang melakukan penyuntingan dengan mencocokkan alamat Internet Protocol-nya.

Untuk memblokir komputer Scientology, administrator Wikipedia akan menyetel server mereka untuk menghalangi komputer beralamat IP yang sama untuk bisa mengakses halaman penyuntingan Wikipedia.

"Seluruh alamat IP yang dimiliki dan dioperasikan oleh gereja Scientology akan diblok," ujar statement tertulis Wikipedia yang dikutip dari situs WikiNews.

Scientology adalah salah satu aliran kepercayaan yang diciptakan oleh L Ron Hubbard di tahun 1952 dan mempercayai bahwa manusia adalah mahluk spiritual yang tak pernah mati. Aliran kepercayaan ini memiliki banyak pengikut dari kalangan selebritas Hollywood, seperti John Travolta, Jason Lee, Tom Cruise, atau Katie Holmes.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!
Bea Cukai gagalkan peredaran kokain cair

Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Joint operation Bea Cukai dan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya ungkap dua kasus tindak pidana narkotika jaringan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024