Meredakan Ketegangan Selama Bekerja

VIVAnews - Tekanan kerja biasanya adalah sebuah tanggapan atas ketegangan emosi yang terus-menerus. Kondisi itu dapat mengarah pada sebuah perasaan seseorang yang merasa tidak berguna dan akhirnya kelelahan.

Lalu, bagaimana seseorang melawan depresi dan mengatur pekerjaan karena tekanan yang berlebihan. Berikut beberapa tips untuk mengatasi tekanan yang berhubungan dengan pekerjaan.

1. Sesuaikan harapan dan tempatkan tujuan secara realistis.
Hal itu berarti menempatkan tujuan yang dapat dicapai berdasarkan sebuah penilaian yang jujur terhadap kemampuan dan penghargaan seseorang.

2. Kerjakan pekerjaan secara bervariasi.
Temukan bagian mana dari pekerjaan Anda yang dapat diubah dan tidak dapat diubah. Lalu, analisislah konsekuensi dari sebuah perubahan dalam prosedur pekerjaan.

Bicaralah dengan supervisor atau teman kerja sehingga akan diperoleh ide baru tentang pekerjaan Anda. Mengambil keputusan mungkin tidak mudah, tetapi frustasi secara terus-menerus juga tidak lebih baik.

3. Menjauhlah dari pekerjaan untuk sesaat.
Menghindari pekerjaan sesaat selama 15 menit untuk minum kopi atau teh, misalnya, dapat memberikan efek yang dapat menurunkan ketegangan. Namun demikian, tetap dihindari bekerja sepanjang jam makan siang atau kembali bekerja di sore hari untuk menyelesaikan pekerjaan.

4. Usahakan istirahat dan relaksasi yang cukup.
Untuk meredam ketegangan, Anda diharapkan memiliki waktu istirahat yang cukup. Gunakan teknik relaksasi sepertiĀ  peregangan otot dan latihan pernafasan.

Selain itu, dengarkan musik dan bermeditasi. Tekuni sebuah hobi dan ikuti aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan fisik.

5. Cari kepuasan di luar kebiasaan.
Anda dapat bergabung dengan sebuah klub yang memfokuskan pada kegiatan tertentu.

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Polda Metro Klaim Wilayah Jakarta Aman saat Malam Takbiran

Polda Metro Klaim Wilayah Jakarta Aman saat Malam Takbiran pada Selasa malam, 9 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024