Putra Tertua Pemimpin Korut Akui Adiknya Siap

VIVAnews - Putra tertua pemimpin Korea Utara Kim Jong Il, Kim Jong Nam membenarkan kabar yang menyebutkan bahwa adik lelakinya akan menjadi pemimpin Korut berikutnya.

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

"Ya, saya dengar berita yang dilaporkan media. Saya kira itu benar," kata Kim Jong Nam dalam bahasa Inggris dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Jepang, TV Asahi di Macau yang disiarkan Selasa, 9 Juni 2009.

Media Jepang memang rajin mengikuti pergerakan Kim Jong Nam, yang kerap bepergian ke China dan Macau.

Kim, 67 tahun, diketahui memiliki tiga putra dari dua ibu berbeda. Spekulasi tentang siapa putra yang akan menggantikan dirinya merebak sejak Kim dikabarkan menderita stroke musim panas lalu.

Pekan lalu, dikabarkan bahwa Korut mengadakan misi diplomasi bahwa putra termuda Kim yang berusia 26 tahun, Jong Un, akan menjadi pemimpin berikutnya di negara komunis tersebut menggantikan ayahnya.

"Ayah sangat mencintai adik saya sebagai anaknya. Saya harap dia bisa melakukan yang terbaik bagi rakyat Korut demi kebahagiaan mereka dan kehidupan yang lebih baik," kata Jong Nam. Namun, TV Asahi tidak menyebutkan kapan wawancara berlangsung.

Pergantian kekuasaan di Korut muncul di tengah ketegangan di semenanjung Korea terkait uji nuklir Korut pada akhir Mei, dan serangkaian peluncuran rudal jarak pendek setelah tes nuklir.

Jong Nam telah lama dianggap sebagai kandidat favorit untuk menggantikan ayahnya, tapi dikabarkan kehilangan dukungan ayahnya karena gaya hidup Jong Nam yang sulit dikendalikan.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Pada 2001, dia ketahuan masuk ke Jepang menggunakan paspor palsu dan mengaku kepada petugas bahwa dia ingin mengunjungi Tokyo Disneyland. Ibu kandung Jong Nam adalah mantan aktris yang telah meninggal, Sung Hae Rim.

Sementara itu, hanya sedikit yang diketahui tentang Jong Un, 26 tahun. Ibunya, Ko Yong Hi, juga memiliki putra lain, yakni Kim Jong Chol. Namun, sang ayah dikabarkan tidak mendukung pria 28 tahun itu sebagai calon pemimpin berikutnya.

Jong Un belajar di Sekolah Internasional Berne di Swiss hingga 1998 dengan nama samaran Pak Chol. Dia mempelajari bahasa Inggris, Jerman, dan Prancis. Ini menurut majalah mingguan Swiss,  L'Hebdo, pada awal tahun ini dengan mengutip keterangan dari teman sekelas dan pegawai sekolah. (AP)

antique.putra@vivanews.com

Kecelakaan beruntun akibat truk yang ugal ugalan terjadi di Gerbang Tol (GT) Halim, Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim

Polisi mengaku masih kesulitan memeriksa sopir ugal-ugalan yang menyebabkan kecelakaan beruntun di gerbang tol Halim.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024