Komisaris Jadi Tim Sukses Capres

Bawaslu Minta Tanri Abeng & Raden Mundur

VIVAnews - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menargetkan proses penelaahan pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terlibat dalam kampanye Calon Presiden (Capres) selesai pekan depan.

Bawaslu juga menghimbau empat komisaris dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengundurkan diri dari jabatannya karena terlibat sebagai tim kampanye calon presiden.

Keempat komisaris itu adalah Umar Said (Komisaris PT Pertamina), Achdari (Komisaris Perum Peruri), Tanri Abeng (Komisaris Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk), dan Raden Pardede (Komisaris Utama PT Perusahaan Pengelola Aset).

"(Pemeriksaan selesai) secepatnya,  pekan depan saya kira sudah selesai. Saya harap Senin atau Selasa sudah selesai," ujar Anggota Bawaslu, Bambang Eka usai menemui Sekretaris Kementerian Negara BUMN Said Didu di kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, 12 Juni 2009.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Agenda pertemuan Bawaslu dan Kementerian BUMN kali ini adalah tukar menukar informasi tentang pejabat BUMN dan tim sukses presiden.

Bawaslu memberikan nama-nama yang terdaftar sebagai tim sukses pasangan Calon Presiden. Kemudian Sekretaris Menteri BUMN memberikan nama-nama  pejabat BUMN mulai direksi hingga komisaris. "Itu dari 140 bumn," ujar dia.

Menurut Bambang, pihaknya memerlukan waktu untuk mencocokan nama-nama pejabat yang diduga terlibat dalam kampanye dengan data dari kementerian.

"Kami akan cocokkan dulu, sebab ratusan jumlahnya, harus teliti betul. Kemudian kami akan minta klarifikasi (pejabat) yang masuk di tim sukses itu," kata dia.

Bambang mengakui, alasan pejabat BUMN hanya menjadi relawan dari pasangan Capres dan tidak terdaftar di komisi pemilihan umum (Pemilu) memang menjadi masalah.

"Sebab kalau relawan, ada kesulitan tersendiri, tapi bagaimanapun yang diharapkan kementerian BUMN adalah netralitas. (Kami sendiri menganggap) seharusnya tidak boleh, tapi relawan ini kan tidak terdaftar," ujarnya.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional
Infografik Obat Kuat Pria

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat

Round-up dari kanal Lifestyle pada Jumat, 26 April 2024. Salah satunya tentang penjelasan dokter Boyke tentang obat kuat yang tidak bereaksi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024