Demi Berhemat, Hungaria Tutup 4 Kedutaan

VIVAnews - Hungaria segera menutup kedutaan besar mereka di Malaysia. Ini bukan pertanda bahwa negara Eropa di bagian tengah itu bermusuhan dengan Malaysia, namun penutupan terpaksa dilakukan Hungaria dalam rangka penghematan anggaran negara.

Seorang pejabat kedutaan besar Hungaria di Kuala Lumpur, Robert Papp, mengatakan kepada kantor berita  Bernama, Rabu 17 Juni 2009, bahwa Departemen Luar Negeri Hungaria sudah menginformasikan penutupan ini kepada Kementrian Luar Negeri Malaysia.

Seperti dikutip dari laman harian The Star, Papp menolak memberikan keterangan detail ketika ditanya mengenai tanggal penutupan dan siapa utusan yang akan bertanggung jawab di Malaysia.

Selasa kemarin, Menteri Luar Negeri Hungaria, Peter Balazs, dikabarkan mengeluarkan pernyataan bahwa pemerintah Hungaria akan menutup empat kedutaan dan delapan konsulat di berbagai negara. Tujuan penutupan adalah untuk mengurangi belanja negara.

Perwakilan yang akan ditutup adalah satu kedutaan di Luksemburg, Eropa; satu di Malaysia, Asia; dan dua di Amerika Selatan. Sedangkan delapan konsulat yang akan ditutup antara lain di Hong Kong, Sydney, Chicago, dan Duesseldorf di Jerman.

Negara di Eropa tengah berpenduduk 10 juta jiwa ini dihantam krisis ekonomi, sehingga memaksa pemerintah mencari paket dana talangan internasional pada Oktober tahun lalu.

Di Kuala Lumpur, kedutaan Hungaria memiliki tiga staf dan dikepalai duta besar Tamas Toth. Kedutaan tersebut dibangun pada 1991. Sedangkan Malaysia mendirikan kedutaan di Budapest pada 1993. Malaysia dan Hungaria menjalin hubungan diplomatik sejak 1969.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024