Solidaritas untuk Palestina

Mahasiswa Makassar Bakar Foto Bush

VIVAnews - Aksi protes menentang serangan Israel ke Jalur Gaza, Palestina terus terjadi. Sekitar 100 mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Makassar untuk Gaza Palestina berunjukrasa di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Selatan,  Senin, 5 Januari 2009.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Tak hanya mengibarkan bendera Palestina dan bendera merah putih, massa mahasiswa membakar  gambar Presiden Amerika Serikat , George W Bush. Mereka menganggap negara adidaya itu selalu menjadi pembela utama Israel .

Koordinator Aksi, Nurul Jihad mengatakan, pengibaran bendera Palestina adalah bentuk dukungan terhadap kedaulatan Palestina. “Palestina sejajar dengan Indonesia serta bangsa-bangsa lainnya. Semestinya kedaulatan tersebut harus mendapat pengakuan,” katanya saat berorasi.

Sebagai sebuah negara, lanjut Nurul, keberadaan Palestina harusnya dihargai dan dijunjung tinggi. "Tidak justru membumihangsukan dengan serangan peluru kendali," tambah Nurul.

Para mahasiswa mengaku prihatian dengan serangan Israel yang telah menewaskan lebih dari 450 jiwa rakyat Palestina. Apalagi,  sejumlah negara juga belum memberikan kepedulian untuk menghentikan serangan Israel .

Untuk itulah, mahasiswa Yudhoyono-Kalla mendesak Dewan Keamanan PBB melalui perwakilannya, agar mengeluarkan resolusi berupa sanski dan embargo terhadap Israel . Mereka juga meminta masyarakat Indonesia tidak menggunakan produk-produk dari Israel.

Tak hanya melakukan aksi, mahasiswa juga melakukan penggalangan dana, dengan memasuki seluruh ruangan aggota DPRD Sulsel untuk dimintai sumbangan.

Laporan: Zeena/Makassar




Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024