Mandiri Siap Akuisisi Asuransi dan Bank

VIVAnews - PT Bank Mandiri Tbk akan mengakuisisi dua perusahaan lagi di tahun 2009. Kedua perusahaan itu berupa perusahaan asuransi dan bank komersial.

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo, jika memang situasi memungkinkan, akan lebih banyak lagi perusahaan yang bisa diakuisisi perseroan.

"Pada saat situasi begini, kan banyak kesempatan, kalau kesempatan itu ada Bank Mandiri telah membuktikan dengan baik waktu merger dengan empat bank, akuisisi Bank Sinar Harapan Bali. Kalau memang perlu ada konsolidasi lagi, kita siap melakukan akuisisi," kata dia di kantornya, Senin 5 Januari 2009.

Menurut Agus, rencana akuisisi itu saat ini masih dalam tahap studi. Sedangkan pelaksanaan akuisisi akan dilakukan pada kuartal dua sampai kuartal empat 2009. Sayang ia tidak bersedia menyebutkan dua perusahaan yang dibidik itu.

Agus mengatakan, selain kedua perusahaan itu jika ada bank yang memerlukan mitra, maka Bank Mandiri juga bisa mempertimbangkannya. Bank Mandiri akan memilih perusahaan asuransi yang mempunyai pemahaman di industri asuransi, karena nature dari Bank Mandiri adalah bank. Bank Mandiri mengharapkan dapat mengakuisisi 51-90 persen saham perusahaan asuransi itu. "Untuk perusahaan asuransi lokal, asing, terbuka. Yang penting punya kompetensi di bidangnya" kata dia.

Sedangkan untuk bank yang akan diakuisisi adalah bank yang dapat memberikan nilai tambah bagi Bank Mandiri, seperti  return on equity (ROE) yang menjadi lebih baik, atau meningkatkan kinerja operasional. "Kita sangat selektif dalam memilih target akuisisi. Kita tidak mau kalau tidak memberi nilai tambah," katanya.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal
Pemeriksaan Firli Bahuri di Bareskrim Polri

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dengan tersangka mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mandek.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024