Politisi PKS Fahri Hamzah:

Hati-hati Survei Dimanipulasi

VIVAnews - Survei dari beberapa lembaga survei selalu menempatkan suara Partai Keadilan Sejahtera merosot dibandingkan Pemilu 2004. Wakil Sekretaris Jenderal PKS Fahri Hamzah menanggapi survei-survei itu dengan skeptis.

"Teman-teman lembaga survei ini sudah mulai terjebak pada persaingan bisnis yang tidak sehat. Dan saya khawatir, ini mengarah pada menjual reputasi intelektual dengan membahagiakan kelompok tertentu yang mereka konsultani," kata Fahri usai sebuah diskusi di Jakarta Media Center, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin, 5 Januari 2008.

Bukti persaingan bisnis itu dicontohkan Fahri dari dua survei dari dua lembaga survei yang berbeda. Lingkaran Survei Indonesia yang dipimpin Denny JA menempatkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebagai pemenang survei. Sementara survei lain yang dilakukan dalam waktu yang berdekatan oleh Lembaga Survei Indonesia malah menaruh PDI Perjuangan di tempat ketiga.

"Ini eksterim sekali. Ini apa penjelasannya? Saya jadi mempertanyakan, seperti juga kritik presiden pada mereka. Saya harap lembaga survei bertanggung jawablah sedikit," ujar Fahri yang juga Wakil Ketua Fraksi PKS di parlemen itu.

Fahri meminta lembaga survei berlaku transparan. Umumkanlah diri sebagai konsultan politik. "Jangan ada transaksi di belakang layar dengan partai yang mereka konsultani, yang tentu membayar mereka untuk membahagiakan kader dan membentuk opini publik bahwa partai itu akan menang," kata Fahri dengan nada tinggi.

Fahri merasa sedih dengan kaum intelektual yang mulai tidak disiplin pada metodologi ilmu pengetahuan. Mereka melakukan transaksi dan memanipulasi metodologi ilmu pengetahuan karena mereka melakukan perjanjian dagang dengan parpol.

"Hati-hati! Harus dimintai pertanggungjawaban karena mereka sebagai kaum intelektual melakukan transaksi-transaksi keuangan yang besar. Ini manipulasi publik. Seharusnya LIPI harus jadi lembaga yang melakukan rating terhadap lembaga-lembaga survei ini."

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia
Diler Mitsubishi Fuso di Morowali, Sulawesi Tengah.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia, pada Jumat kemarin meresmikan diler 3S (Sales, Service, Spare P

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024