Gempa Guncang Manokwari

28 Ton Bantuan untuk Korban Gempa

VIVAnews - Bantuan pemerintah pusat yang diberikan kepada para korban gempa di Papua Barat mencapai 14 ton lebih. Empat menteri yang diutus Presiden Yudhoyono sudah meninjau langsung lokasi bencana.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

"Dalam dua kali penerbangan yang terangkut ada 20 ton," ujar Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Priyadi Kardono kepada VIVAnews, melalui telepon, Senin, 5 Januari 2009. Sedangkan, sisanya sekitar 8 ton masih berada di Bandara Halim Perdanakusumah.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, upaya pengiriman bantuan untuk korban bencana gempa telah dilakukan menggunakan Pesawat Hercules.

Pada pukul 11.00 WIT, Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto, dan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal, sudah meninjau lokasi.

Para menteri didampingi Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Atururi. Rombongan meninjau lokasi bencana melalui udara dengan menggunakan dua unit pesawat Cassa milik Polri dan TNI Tangkatan Udara.

Berikut rincian jumlah bantuan seberat 14,003 ton melalui penerbangan kedua:

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

1. Bantuan Presiden sebanyak 5,940 ton (pakaian dan permakanan)
2. Bantuan Departemen Pekerjaan Umum seberat 200 kg (WC darurat)
3. Bantuan Departemen Kesehatan seberat 681 kg (obat-obatan)
4. Bantuan Departemen Sosial seberat 6,227 ton (permakanan)
5. Bantuan BNPB seberat 8,55 ton (tiang tenda 19 unit)

Berkaitan dengan bencana tersebut, Menteri Sosial dan Menteri Kesehatan juga menyerahkan bantuan uang masing-masing sebesar Rp 1 miliar dan Rp 200 juta. Selain itu, rombongan Panglima Komando Daerah Militer akan membawa bantuan dan menyiapkan pesawat 1 unit Helly Super Puma dan 1 unit Cassa di Manokwari untuk persiapan pendistribusian bantuan.

Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024