Korupsi Damkar

Oentarto Beberkan Keterlibatan Hari Sabarno

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi kembali memeriksa Oentarto Sindung Mawardi. Tersangka kasus korupsi pengadaan alat berat dan mobil pemadam kebakaran ini membeberkan keterlibatan mantan Menteri Dalam Negeri, Hari Sabarno.

"Saya menyerahkan bukti-bukti (keterlibatan Hari Sabarno)," kata Oentarto saat meninggalkan Gedung KPK, Jakarta, Selasa 6 Januari 2009. Bukti-bukti itu berupa surat perpanjangan dan pemberhentian sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri yang ditandangangani Hari Sabarno.

Pengacara Oentarto, Firman Wijaya menambahkan bahwa surat tersebut merupakan bukti kliennya bekerja atas instruksi Hari Sabarno, Menteri Dalam Negeri saat itu. "Ini bukti penandatanganan radiogram bukan inisiatif Pak Oentarto pribadi, tapi instruksi Mendagri," ujarnya.

Oentarto menjadi tersangka karena telah menandatangani radiogram pengadaan alat berat dan pemadam kebakaran di seluruh Indonesia. Radiogram yang dijadikan dasar dalam pengadaan proyek di sejumlah daerah. Radiogram itu berisi petunjuk pengadaan alat pemadam kebakaran. Dalam radiogram itu juga disebut mengenai spesifikasi alat yang harus dibeli dan spesifikasi itu hanya dimiliki oleh PT Istana Sarana Raya.

Dalam pemeriksaan sebelumnya, Oentarto mengaku radiogram itu dikeluarkannya di bawah ancaman senjata api milik Direktur PT Istana Sarana Raya Hengky Samuel Daud, yang kini menjadi buronan komisi antikorupsi. Hengky beralasan Hari Sabarno, Manteri Departemen Dalam Negeri saat itu, memerintahkan Oentarto segera menandatangani radiogram.

Kasus pengadaan alat berat dan pemadam kebakaran ini telah menjerat sejumlah pimpinan daerah. Kasus terakhir yang sedang ditangani adalah untuk pengadaan di Jawa Barat. Mantan Gubernur Jawa Barat, Danny Setiawan, sudah dinyatakan sebagai tersangka.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar
Pelita Jaya memastikan tiket ke putaran final BCL Asia 2024

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

PP Perbasi mengapresiasi tim Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang berhasil lolos ke babak utama Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024