BPS: Agustus, Pengangguran Capai 8,96 Juta

VIVAnews - Badan Pusat Statistik (BPS) mengaku tingkat pengangguran terbuka pada Agustus 2009, mencapai 8,96 juta orang atau 7,87 persen dari total angkatan kerja sebanyak 113,83 juta orang.

Jumlah tersebut menurun 7,87 persen dibandingkan posisi Februari 2009, sebanyak 9,26 juta atau turun 8,39 juta dibandingkan Agustus tahun lalu yang  mencapai 9,39 juta.

"Perhitungan yang dilakukan oleh BPS mengacu pada ketentuan organisasi buruh dunia (ILO)," ujar Kepala BPS Rusman Heriawan dalam jumpa pers di kantornya, Jalan DR Soetomo, Jakarta, Selasa, 1 November 2009.

Menurut Rusman, seluruh sektor usaha mengalami peningkatan lapangan kerja kecuali sektor transportasi, pergudangan, dan komunikasi yang menurun sebanyak 60 ribu orang.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Sektor yang mengalami kenaikan terbesar adalah jasa kemasyarakatan yang naik 900 ribu orang, diikuti perdagangan 730 ribu orang, dan industri 290 ribu orang. "Hanya sektor pertanian yang menurun sebanyak 1,42 juta orang," kata Rusman.

Penurunan jumlah tenaga kerja disektor pertanian, Rusman menambahkan, merupakan hal yang lumrah. Sebab, pada Agustus biasanya masyarakat pedesaan sedang tidak mengalami musim panen dan beralih ke kota untuk mencari pekerjaan di sektor informal.

Dia juga mengakui, saat ini sektor informal masih mendominasi jumlah tenaga kerja informasi di Indonesia hingga 70 persen dan sisanya merupakan pekerja formal.

Selain itu, angkatan kerja Indonesia selama ini masih didominasi pekerja yang memiliki pendidikan tertinggi sampai tingkat sekolah dasar hingga 55,21 persen. Jumlah tersebut menurun dibandingkan posisi Agustus 2008, yang mencapai 55,33 persen.

antique.putra@vivanews.com

Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024