Hatta: Empat Negara Tutup Kran Ekspor Gandum

Tim Sukses SBY-Boediono : Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mencermati ketergantungan tepung terigu yang tinggi, pemerintah mulai mewaspadai masalah krisis pangan dunia saat ini. Sedikitnya empat negara telah menutup kran ekspor gandum akibat perubahan iklim.
 
Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan empat negara itu adalah Rusia, Turki, India, dan Pakistan. "Rusia mengalami shortage (kekurangan produksi sementara) sampai 20 persen. Makanya mereka menutup kran ekspor gandum," kata Hatta di Cirebon usai panen raya di Indramayau, Jumat 20 Agustus 2010.
 
Menurut Hatta, bukan tidak mungkin negara-negara lain yang mengalami kondisi sama akan ikut menutup ekspor mereka. Meski tidak seburuk 2008, pemerintah tetap waspada terhadap kondisi perubahan iklim yang ekstrim tersebut.
 
"China kemarin umumkan impor beras satu juta ton. Pakistan juga masih perlu ketersediaan pangan cukup, karena musibah banjir. Jadi kita concern waspadai ini dan terus berusaha meningkatkan pangan," kata Hatta.
 
Tapi, pemerintah menjamin, meski terkena dampaknya, untuk kebutuhan nasional masalah pangan masih mencukupi. Namun, antisipasi dilakukan karena iklim bisa saja terjadi di luar perkiraan.
 
Menteri Pertanian Suswono mengatakan pemerintah terus berusaha mencari pengganti gandum. "Indonesia hasilnya memang belum menggembirakan," kata dia.

Untuk itu, bagi masyarakat yang mengonsumsi terigu berlebihan, pemerintah meminta perlu adanya diversifikasi makanan.
 
Mentan mengingatkan bagaimana sumber karbohidrat nasional cukup banyak dan bisa digunakan sebagai cadangan makanan. "Kita ada ketela pohon, jagung, umbi-umbian, sukun, dan semuanya bisa jadi tepung termasuk sagu," kata dia.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

KPU menolak menanggapi tudingan dari kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud soal nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024