11 Kontrak Gas Direvisi, Negara Dapat Rp6 T

Proyek pengeboran migas Lengowangi 2 (SP/Asepta Y.P. )
Sumber :
  • Surabaya Post/Asepta Y.P.

VIVAnews - Pemerintah merevisi  harga 11 kontrak pasokan gas dengan sejumlah kontraktor kontrak kerja sama (KKKS). Dengan revisi ini penerimaan negara dari sektor minyak dan gas bumi (migas) akan bertabah hingga Rp6 triliun.

Deputi Pengendalian Operasi BP Migas Rudi Rubiandini menjelaskan, 11 kontrak ini akan ditandatangani pada Selasa 8 Mei 2012 mendatang dan disaksikan oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik.

"Dengan ditekennya 11 kontrak itu, negara akan mendapat tambahan penerimaan US$660 juta atau sekitar Rp 6 triliun," kata Rudi di Jakarta, Senin 7 Mei 2012.

Ia menjelaskan, harga gas di 11 kontrak tersebut rata-rata antara US$1,8–2 per juta british thermal unit (mmbtu). BP Migas berhasil menaikkan harga gas rata-rata US$6 per mmbtu. Kenaikan harga gas ini untuk membantu produsen migas tetap berproduksi dan menjaga sektor hulu migas tetap hidup.

"Pasokan juga menjadi lebih aman, karena produsen memiliki uang untuk perawatan, workover, dan lainnya. Tanpa kenaikan harga, ada kemungkinan produsen tutup," ujarnya.

BP Migas, lanjutnya, menjaga harga gas agar tidak terlalu tinggi untuk menjaga daya beli industri yang membutuhkan gas dan memberikan multi efek bagi industri nasional.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Ia berharap, dengan menaikkan harga gas, perusahaan migas akan meningkatkan investasi di Indonesia agar produksi migas terdongkrak.

Rudi memaparkan, 11 kontrak yang direvisi antara lain pasokan dari Pertamina sebesar 19 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/mmscfd), CNOOC ke Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) 1 mmscfd, Pertamina EP ke PT PGN (Persero) 110 mmscfd, ConocoPhilips ke Petronas Duyong 263 mmscfd.

Selain itu, terdapat juga kontrak gas dari ConocoPhilips ke PGN sebesar 300 mmscfd, Medco Energy ke PT PLN (Persero) Inderalaya 18 mmscfd, PHE West Madura Offshore (PHE WMO) ke PLN 123 mmscfd, Joint Operation Body (JOB) Talisman Jambi Merang ke BUMD Pembangunan Kota Batam 10 mmscfd, Pertamina EP ke PT tPupuk Sriwijaya 166 mmscfd, Santos Indonesia ke PGN 80 mmscfd, dan Hess ke PLN 57 mmscfd.

Untuk 2013 sendiri, BP Migas menargetkan akan ada sekitar 12 kontrak pasokan gas yang akan direnegosiasi. Diharapkan renegosiasi harga gas ini kembali dapat meningkatkan penerimaan negara Rp6 triliun. (umi)

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024