Defisit Perdagangan RI Kedua Sejak 50 Tahun Lalu

Pelabuhan Peti Kemas Pelindo II Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Hermanus Prihatna

VIVAnews - Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar mengungkapkan defisit neraca perdaganagan yang terjadi pada 2012 merupakan yang kedua sejak 50 tahun lalu. Karenanya masalah ini jadi fokus utama pemerintah.

"Jadi selama hidup saya, Indonesia  belum pernah mengalami defisit perdagangan sehingga ini jadi catatan," ujar Mahendra di kantornya, Jakarta, Senin 7 Januari 2012.

Mahendra mengatakan, hal tersebut juga terjadi pada neraca perdagangan migas pada 2012. Defisit yang terjadi merupakan yang kedua kali sejak krisis ekonomi yang menghantam Indonesia pada 2008.

Sementara itu melihat kondisi global yang belum ada perbaikan, secara keseluruhan neraca pembayaran pemerintah masih akan tertekan, jika tidak ada kebijakan yang efektif. "Ini harus dicermati," katanya.

Hingga November neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit US$1,3 miliar. Hal tersebut dampak dari penurunan harga komoditas yang salah satunya dipengaruhi oleh krisis ekonomi global. (adi)

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

The Indonesian police have uncovered many students who have become victims of an international human trafficking network to Germany, where they are trapped in debt.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024