Cara BRI Perluas Jaringan ke Pelosok Indonesia

Sofyan Basir Dirut PLN.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk terus memperluas jaringan perbankan hingga ke pelosok Indonesia. Kali ini, BRI akan berinovasi mengembangkan kantor cabang berupa kapal laut.
Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Direktur Utama BRI Sofyan Basir, Rabu 23 Oktober 2013, mengatakan bahwa kapal itu nantinya diharapkan mampu menjangkau masyarakat, hingga pulau terpencil. Sebab, selama ini masih ada beberapa masyarakat yang belum menjangkau akses ke dunia perbankan.
Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Untuk itu, dia menambahkan, rencananya pada tahun depan perseroan akan meluncurkan dua kapal untuk mendukung hal tersebut.
Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun

"Indonesia ada 60 pulau, antarpulau bisa dijangkau. Ada yang tiga jam perjalanan kapal dan enam jam, penduduknya susah terjangkau bank. Makanya, kita mau buat kapal untuk cabang. Rencananya tahun depan, kami lagi desain kapal itu," kata Sofyan di Gedung BRI Jakarta.

Untuk tahap awal, menurut Sofyan, perseroan akan merealisasikan hal itu untuk wilayah Kalimantan, Batam, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Tidak hanya itu, perseroan juga akan menjangkau beberapa pulau lainnya.

"Untuk awal dua kapal dulu, nanti kalau sudah berjalan ada enam kapal. Ini akan melayani sepanjang Pulau Kapuas Kalimantan. Nanti di Batam juga banyak pulau-pulau kecil, di Ambon, dan NTT," jelasnya.

Ia menjelaskan, nantinya kapal ini akan keliling seminggu sekali untuk menjangkau masyarakat sekitar dengan dibantu enam pegawai. Kapal tersebut juga termasuk dalam kategori kapal canggih yang dapat menampung 12 orang dengan panjang 16 meter dan lebar kurang lebih tujuh meter.

"Kita keliling seminggu sekali, keliling pulau itu, kreditnya banyak, cabangnya banyak, sekarang baru bikin teras. Ada enam orang seminggu keliling di darat tiga hari. Ini kapal canggih, jadi tahu daerah-daerah terluar," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya