Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Desember 2013 | 13:31 WIB
  • 2014, Kemenhub Siapkan Rp700 Miliar untuk Bangun Kereta Loop Line

  • Oleh
    • Siti Nuraisyah Dewi,
    • Alfin Tofler
2014, Kemenhub Siapkan Rp700 Miliar untuk Bangun Kereta Loop Line
Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Perlintasan kereta rel listrik (KRL)

VIVAnews - Pemerintah tahun depan akan mulai membangun kereta loop line atau jalur melingkar untuk kereta di dalam kota. Kereta yang dibangun elevated ini akan menghilangkan perlintasan sebidang di dalam kota Jakarta.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, ketika ditemui di Jakarta, Rabu 11 Desember 2013, mengatakan selama ini masih menjadi polemik antara penggunaan sistem loop line atau membangun flyover atau underpass.

"Tapi sepertinya ke belakang studi dari Bappenas menganjurkan lebih baik elevated saja untuk mengantisipasi headway yang semakin pendek," katanya.

Dengan ditetapkannya pembangunan ini maka dana dari Pemprov DKI yang digunakan untuk membangun flyover dan underpass di garis yang bersinggungan dengan loop line atau jalur melingkar akan dialihkan ke titik-titik lain.

Pembangunan loop line sendiri, menurut Bambang, akan dimulai pada tahun depan. Adapun dana yang sudah disiapkan adalah sebesar Rp700 miliar.

Pembangunan pertama akan dilakukan untuk wilayah timur Jakarta karena medan yang dianggap lebih mudah. Baru selanjutnya dilanjutkan ke daerah barat.

Daerah barat sendiri, Bambang menjelaskan, pekerjaannya terbilang berat. Pasalnya, di wilayah barat banyak terdapat flyover yang membuat detail engineering design (DED) menjadi semakin rumit.

"Dana Rp700 miliar sudah kita siapkan untuk tahun depan dari anggaran yang diperlukan sebesar Rp9 triliun untuk keseluruhan jalur loop line," katanya. (eh)