Dahlan Iskan Izinkan Merpati Dirikan Anak Perusahaan

pembukaan APEC CEO Summit 2013
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro
VIVAnews
5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions
- Menteri BUMN, Dahlan Iskan, sudah melaporkan keputusan tentang PT Merpati Nusantara Airlines (Persero). Dalam keputusannya, Dahlan menyampaikan beberapa hal.

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo

"Merpati tidak dilikuidasi dengan mengambil langkah-langkah yang bisa menyelamatkannya," kata Kepala Humas Kementerian BUMN, Faisal Halimi, dalam keterangan tertulisnya pada Senin malam, 30 Desember 2013.
Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan


Dahlan mencontohkan Merpati melepaskan anak perusahannya, yaitu MMF kepada BUMN yang melakukan rrestrukturisasi, yaitu PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero). Hasilnya nanti akan digunakan untuk membiayai operasional Merpati.


"Selanjutnya, Menteri BUMN mengizinkan Merpati mendirikan anak perusahaan  baru untuk menjalin KSO dengan partner baru. Dengan mendirikan anak usaha baru, partner KSO tidak akan terbebani masalah utang Merpati yang mencapai lebih dari Rp6 triliun," kata dia.


Lalu, maskapai perusahaan pelat merah ini diminta menemukan  partner baru dalam waktu 2-3 bulan ke depan. Pemerintah pun juga meminta Merpati untuk menyerahkan potensi bisnisnya kepada anak usaha tersebut.


"Bersamaan dengan itu, Merpati diminta terus mengurus restrukturisasi utang lamanya menjadi equity (saham). Dengan demikian, tiga langkah ini bertujuam menghindarkan Merpati dari likuidasi harus dilakulan secara simultan," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya