Gurita Bisnis Prabowo

Dari Tambang Hingga Penangkapan Ikan

VIVAnews - Calon presiden dari Partai Gerakan Indonesia Raya, Prabowo Subianto, mengoperasikan bisnis di bidang tambang melalui PT Nusantara Energindo Coal. Perusahaan ini merupakan anak usaha dari Nusantara Energy Group, perusahaan holding milik Prabowo.

Dalam situs prabowosubianto.info, Senin 11 Mei 2009, perusahaan ini memiliki 60 ribu hektar pertambangan batu bara di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Cadangan batu bara di wilayah itu diperkirakan sebesar 6 miliar ton.

Nusantara Energindo Coal mengoperasikan tambang-tambagnya melalui beberapa perusahaan seperti, PT Erabara Persada Nusantara, PT Nusantara Wahau Coal, PT Nusantara Kaltim Coal, PT Batubara Nusantara Coal, PT Kaltim Nusantara Coal, PT Nusantara Santan Coal, dan PT 
Nusantara Berau Coal.

Bahkan, Nusantara Berau Coal telah memulai pengiriman hasil tambang ke Cina dan berencana untuk mengapalkan 200 ribu metrik ton batu bara per bulan, mulai Mei 2005.

Sedangkan bisnis Prabowo di sektor jasa layanan melalui PT Gardatama Nusantara. Perusahaan ini didirikan pada 1994 untuk memenuhi permintaan jasa kemanan di Indonesia. 

Layanan yang disediakan melingkupi analisis area teknik, pengawasan keamanan, analisa risiko, dan peningkatan staf keamanan dalam perusahaan. Keahlian dalam hubungan dengan buruh, penggagalan pencurian, penyelidikan terhadap barang curian, keamanan rumah, dan penguatan hubungan masyarakat. 

Klien yang menggunakan perusahaan ini antara lain Caltex Pacific Indonesia, General Motors Indonesia, Total E&P Indonesia, Eni Bukat Indonesia, Schlumberger Indonesia, Siemens Indonesia, Glaxosmithkline Indonesia, Seaworld Indonesia, Swasti Paramulya, dan Multi Gambut Indonesia.

Di bidang penangkapan ikan, Prabowo menggunakan PT Jaladri Swadesi Nusantara. Perusahaan yang didirikan pada September 2001 ini memiliki kapal penangkap ikan The Purse Seiner. Kapal ini seharga US$ 10 juta dengan bobot bersih 1.331 ton dan panjang 70 meter. Armada ini mulai beroperasi pada 2002 dengan produksi 1.000 ton ikan tuna per bulan.

Mesin produksi uang yang lain bagi Prabowo adalah PT Tidar Kerinci Agung. Perusahaan investasi dalam negeri ini didirikan pada Juli 1984 oleh ayahnya, Soemitro Djojohadikusumo. 

Tidar Kerinci Agung juga memegang hak pengelolaan dan pengoperasian lahan 28 ribu hektar dalam kurun waktu 35 tahun. Tidar Kerinci telah mengembangkan perkebunan kelapa sawit 16 ribu hektar yang dilengkapi pabrik pengolahan minyak sawit. Tidar Kerinci mempekerjakan 547 staf permanen dan 4.923 pekerja harian.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan
Polres Nias Selatan saat melayat ke rumah duka YN.(dok Polres Nias Selatan)

Polisi Usut Kematian Siswa SMKN di Nias Selatan, Diduga Tewas Dianiaya Kepala Sekolahnya

Seorang siswa SMKN 1 Nias Selatan berinisial YN tewas usai diduga dianiaya kepala sekolahnya berinisial SZ.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024