Selamatkan SDA & Cegah Korupsi, Jokowi Panggil KPK

Presiden Bertemu Menlu dan Dubes Indonesia Untuk Brazil di Istana Negara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo bertemu dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membicarakan persiapan gerakan nasional penyelamatan sumber daya alam (SDA).

“Membicarakan persiapan gerakan Nasional penyelamatan SDA (sumber daya alam),” kata Plt. Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki, seperti dikutip dalam laman Sekretariat Kabinet, Senin 16 Maret 2015.

Ruki mengungkapkan, gerakan ini merupakan upaya pencegahan korupsi dan perbaikan tata kelola, dari sisi administrasi pemerintahan khususnya dalam penyelamatan sumber daya alam laut, perkebunan, dan kehutanan.

Hal yang sama juga diungkapkan Plt Wakil Ketua KPK, Johan Budi, saat memasuki Kantor Presiden bersama pimpinan KPK lainnya.

“Dalam rangka berkoordinasi dengan Presiden terkait dengan acara penyelamatan sumber daya alam yang akan di tandatangani oleh 29 kementerian,” kata Johan.

Dia mengatakan, kelima pimpinan akan menyampaikan inti dari program KPK untuk penyelamatan SDA, termasuk mineral batubara, juga kelauatan dan kemaritiman.

Johan mengatakan bahwa gerakan nasional ini merupakan upaya pemberantasan korupsi, yakni penindakan dan pencegahan yang dilakukan secara simultan.

“Kami sepakat akan hal itu, jadi tidak ada yang dilebihkan. Jika pencegahan lebih didahulukan penindakan dibelakangkan, itu dua-duanya penting bagi KPK,” tegas Johan. (asp)

Bappenas: RI Minim Pengolahan SDA

Baca juga:


Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Kebakaran Hutan Sebuah Malapeteka Kekayaan Alam Indonesia

Kekayaan alam yang ada belum tentu membuat kemakmuran bangsa.

img_title
VIVA.co.id
15 Oktober 2015