Harapan Menteri BUMN dari Kerja Sama Pertamina dan Adaro

Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVA.co.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, mengapresiasi kerja sama PT Pertamina dengan PT Adaro Energy Tbk.

Dari kerja sama ini, Rini ingin agar perusahaan pelat merah itu bisa lebih meningkatkan kemampuan distribusi bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia kawasan timur.

"Kementerian BUMN mendukung kerja sama BUMN dan swasta ditingkatkan di sektor energi," kata Rini di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu 13 Mei 2015.

Seperti diketahui, di Kementerian ESDM telah dilakukan penandatanganan kerja sama antara Pertamina dan Adaro. Kerja sama itu berupa jual beli BBM berupa solar dan pemanfaatan tangki penyimpanan (storage) milik Adaro.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

Kerja sama itu berlangsung selama sepuluh tahun dan nilainya Rp7 triliun per tahun.

"Langkah yang dilakukan Pertamina ini bertujuan untuk menaikkan pangsa pasar dan memotong jalur distribusi BBM," kata Rini.

Mantan menteri perindustrian dan perdagangan ini pun menyebutkan, kerja sama ini berdampak positif bagi BUMN energi tersebut.

Tangki BBM yang dimiliki Adaro di pelabuhan PT Indonesia Bulk Terminal di Pulau Laut, Kalimantan Selatan, bisa digunakan Pertamina untuk menyimpan BBM yang didistribusikan ke Indonesia kawasan timur.

"Selama beberapa tahun, saya mendapatkan laporan dari dirut Pertamina bahwa Pertamina tidak dapat tender besar di Indonesia. Dengan adanya kerja sama ini, Pertamina semakin kuat di Indonesia kawasan timur untuk pengadaan energi bagi masyarakat luas," kata dia.

Pengumuman Direksi Pertamina oleh Menteri BUMN

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Pengkajian secara bisnis dilakukan perseroan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016