REI Minta Calon Kepala Daerah Angkat Isu Rumah Rakyat

Pekerja menyelesaikan proses pembangunan rumah
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Ketua Kehormatan Realestat Indonesia (REI) Lukman Purnomosidi mengajak para calon kepala daerah yang saat ini sedang melakukan kampanye pilkada untuk memberikan perhatian kepada isu-isu penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Dalam keterangan tertulisnya, dia mengatakan, isu itu sangat menyentuh kebutuhan pemilih, mengingat ketersediaan rumah layak huni merupakan kebutuhan dasar manusia.

Tata Ruang Pemda Bantu Jaga Harga Rumah Murah

Selain itu, isu itu masuk dalam ide-ide dari pendiri bangsa, seperti pada pidato Bung Hatta tentang rumah yang semestinya negara telah membayangkan masa depan perumahan.

"Saya kira, kita butuh menyatukan kembali visi dan semangat dalam penyediaan rumah rakyat ini di tengah suasana otonomi daerah. Program Sejuta Rumah bukan hanya kepentingan dari pemerintah pusat dan REI saja, tetapi juga pemerintah daerah," ujarnya pada acara Rakernas REI 2015 di Jakarta, Kamis 3 Desember 2015.

Sebaiknya, tambah Lukman, aada skema di mana masyarakat bisa memperoleh rumah dari pemerintah daerah. Namun, hal itu sangat tergantung pada visi misi kepala daerah, termasuk saat kampanye pilkada.

Sayangnya, ujarnya, tidak banyak calon kepala daerah yang mengangkat isu perumahan, sehingga tak heran isu perizinan menjadi momok bagi pengembang.

Ilustrasi pasangan membeli rumah pertama

Hindari Hal Ini Ketika Beli Rumah Pertama Kali

Semua orang tentu ingin memiliki rumah, apalagi bagi MBR.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016