Bos Produsen Teh Thailand Kepincut Pasar Indonesia

Bos Ichitan Group Tan Passakornnatee
Sumber :
  • www.ichitangroup.com
VIVA.co.id
10 Orang Terkaya di Indonesia Pada Tahun 2016
- Banyaknya penduduk Indonesia, yang melebihi 220 juta jiwa,  menjadi pasar yang menggiurkan bagi para investor - lokal atau asing - untuk mengembangkan bisnis. Tan Passakornnatee, pemilik dan
Chief Executive
Lima Hobi Ini Hanya Bisa Dilakukan oleh Orang Kaya
Ichitan Group - produsen teh hijau asal Thailand - turut kepincut dengan potensi bisnis di Tanah Air.

Orang-orang Kaya Sedunia Lagi 'Ketakutan' Saat Ini
Dilansir Forbes, Senin, 28 Desember 2015, Tan mengaku memilih Indonesia menjadi negara pertama untuk memperluas bisnisnya di luar negeri karena banyaknya penduduk Indonesia. Apalagi tidak sedikit orang Indonesia gemar minum teh.

"Pasar Indonesia sangat menjanjikan," kata Tan, yang lebih menyukai dipanggil Mr. Ichitan, marketing gimmick untuk memasarkan merek dagangnya selama kunjungan di Jakarta.

Tak tanggung-tanggung pasar minuman teh siap saji di Tanah Air memang mencapai US$2 miliar.

"Ketika memiliki uang, orang Indonesia cenderung akan memilih meminum teh, dan mereka ternyata menginginkan teh dengan kualitas yang lebih baik," ungkap Tan setelah mengamati pasar indonesia.

Adapun, Tan merupakan miliarder peringkat ke-38, dengan jumlah kekayaan mencapai US$640 juta, pada daftar orang terkaya di Thailand yang baru-baru ini dirilis Forbes.

Strategi pemasaran yang dilakukan Tan adalah dengan menggandeng Djoko Susanto, pendiri Alfamart, dan Mitsubishi Corp, milik Jepang.

Mitsubishi kemudian membentuk sebuah perusahaan dengan jaringan retail Sigmantara Alfindo milik Susanto, yang dinamakan Atri Pasifik.

Atri Pasifik menjadi perusahaan patungan 50:50 yang berdiri 2014 lalu. Ichi Tan Indonesia dibentuk dengan modal awal US$30 juta.

Tan menggandeng Susanto sebagai rekan bisnisnya di Indonesia, karena merasa memiliki kesamaan nasib, yakni benar-benar memulai bisnis dari nol.

Dia juga menggandeng investor Jepang karena merasa nama besar Mitsubishi akan memberikan banyak manfaat.

Tan optimistis bisnisnya bisa dengan cepat berkembang pesat di Indonesia, dengan strategi pemasarasan difokuskan ke Ichitan Group, distribusi dari Sigmantara, dan produksi dari Mitsubishi.

Tan nampaknya menjadi pebisnis yang sangat suka publikasi dan tampil di depan layar. Dia mempromosikan dirinya sebagai juru bicara untuk produknya itu.

Beberapa iklan Ichitan langsung dibintangi olehnya. Tak hanya itu, Tan juga aktif di media sosial Facebook dengan akun bernama Tanichitan yang memiliki 12 juta pengikut. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya