Kemenhub: Maskapai RI Bukan yang Paling Buruk

Penurunan jarak pandang di Bandara Palembang
Sumber :
  • ANTARA/Nova Wahyudi
VIVA.co.id
Air France Luncurkan Maskapai Berbiaya Murah
- Dunia penerbangan Ind‎onesia kembali menjadi sorotan, kali ini soal rilis yang dikeluarkan oleh lembaga keselamatan penerbangan internasional, AirlineRatings.

Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
Dalam rating tersebut, ada sembilan maskapai Indonesia yang masuk dalam daftar dengan ‎standar keselamatan paling rendah yaitu dengan nilai bintang satu, dari tujuh bintang untuk nilai tertinggi.

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi
Menanggapi hal tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku mempertanyakan soal keabsahan penilaian rating tersebut.

Menurut Kepala Komunikasi Publik, Kemenhub, JA Barata, meski maskapai-maskapai yang ada di Indonesia bukan yang terbaik. Bukan berarti juga sebagai maskapai dengan kualitas pelayanan terburuk di Indonesia.

"Memang ini terkait fairness, kalaupun (maskapai) kita bukan maskapai yang terbaik, tetapi itu bukan yang terburuk," ujar‎ Barata kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Selasa 12 Januari 2016.

Barata menjelaskan, meski mempertanyakan survei itu, pihaknya sebagai regulator transportasi di Indonesia mengaku akan terus melakukan pembenahan. Terlebih, saat ini masih saja ditemukan masalah penerbangan Indonesia, seperti kecelakaan pesawat atau masalah lainnya.

"Kami terus lakukan untuk memperbaiki safety. Acuan kami untuk safety, kita ikut ICAO (‎Internatioanl Civil Aviation Organization) dan FAA (Federal Aviation Administration)," katanya.

Barata menambahkan, selain melakukan koordinasi dengan ICAO dan FAA untuk meningkatkan standar keaamanan penerbangan. Perkembangan pelayanan dan infrastruktur maskapai Indonesia juga tidak lepas dari sorotan kementeriannya. 

"Kami terus lakukan peningkatan tersebut seperti bagaimana perusahaan dibina dari sisi laporan keuangannya, itu berkaitan untuk dana buat keamanan. Lalu pengaturan tiket, pembinaan pilot," ujarnya

‎Sebagai informasi, beberapa maskapai Indonesia yang masuk daftar tersebut yaitu Batik Air, Citilink, KalStar Aviation, Lion Air, Sriwijaya Air dan Nam Air, TransNusa, Wings Air dan Express Air.

Tak hanya itu, dalam survei yang dilakukan AirlinesRating.com, peringkat maskapai RI juga disetarakan dengan maskapai penerbangan asal Nepal yakni Nepal Airlines dan Tara Air.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya